Biar Nggak Antre Rapid Test di Stasiun, Target Investasi Bisa Tercapai?

Tim detikcom - detikFinance
Minggu, 25 Okt 2020 21:00 WIB
Poster
Foto: Edi Wahyono
Jakarta -

Minggu depan bakal ada sederet hari libur yang cukup panjang. PT Kereta Api Indonesia (KAI) selaku penyedia transportasi kereta jarak jauh mengumumkan sebuah imbauan terkait rapid test.

Menjelang libur panjang pada akhir Oktober 2020 terjadi peningkatan jumlah penumpang kereta api jarak jauh (KAJJ) yang berangkat dari wilayah PT KAI Daop 1 Jakarta.

Bertambahnya penumpang KA jelang libur panjang juga berdampak pada padatnya antrean rapid tes di stasiun.

Informasi itu jadi yang terpopuler di detikFinance sepanjang hari ini. Selain itu, ada juga informasi menarik lainnya adalah soal target realisasi investasi yang dipatok BKPM dan juga alasan Toko Buku Gramedia di Mal Taman Anggrek tutup.

Berikut berita selengkapnya yang masuk deretan terpopuler hari ini.

Biar Nggak Antre Rapid Test di Stasiun

Bertambahnya penumpang KA jelang libur panjang juga berdampak pada padatnya antrian rapid tes di stasiun. Tercatat pada 24 dan 25 Oktober 2012 layanan rapid di Stasiun Pasar Senen dan Gambir rata-rata melayani hingga sekitar 1.100 calon penumpang yang melakukan tes rapid.

Nah untuk menghindari keterlambatan atau tertinggal KA, Penumpang dihimbau agar melakukan rapid tes H-1 sebelum jadwal keberangkatan bagi calon penumpang yang ingin memanfaatkan layanan rapid tes di stasiun.

"Calon penumpang diharapkan dapat mengatur waktu keberangkatannya dan menyiapkan rentang waktu yang cukup jika tetap akan melakukan rapid tes pada hari yang sama dengan hari keberangkatan, tidak disarankan datang 3 jam sebelum keberangkatan untuk menghindari resiko tertinggal KA mengingat antrian Rapid Tes di Stasiun cukup padat," tambahnya.

Rapid test bagi calon penumpang KA tidak harus dilakukan di stasiun namun dapat juga dilakukan di klinik-klinik terdekat yang menyediakan fasilitas rapid tes.

Di area Daop 1 Jakarta layanan rapid tes bagi calon penumpang dilayani di Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen dengan jam operasional pukul 07.00 WIB s.d 19.00 WIB serta biaya sebesar Rp 85.000. Calon penumpang KA yang ingin melakukan rapid tes di stasiun harus memiliki kode booking tiket KAJJ yang telah terbayar lunas.

Bagi calon penumpang yang kedapatan reaktif saat rapid tes tidak diperkenankan melakukan perjalanan KA dan tiket akan dilakukan pengembalian bea 100% diluar bea pesan serta disarankan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan lebih lanjut.

Untuk ketentuan reservasi tiket KA saat ini dapat dipesan mulai H-7 sebelum keberangkatan secara online melalui Aplikasi KAI Access atau channel eksternal yang telah bekerjasama. Pelayanan tiket di loket stasiun hanya melayani penumpang goshow 30 menit sebelum KA berangkat.

Selanjutnya
Halaman
1 2