Sri Mulyani: Setiap Krisis, Bangsa Indonesia Selalu Jadi Lebih Baik

Hendra Kusuma - detikFinance
Sabtu, 31 Okt 2020 11:08 WIB
Sri Mulyani usai bertemu Jokowi (Andhika Prasetia/detikcom)
Foto: Sri Mulyani usai bertemu Jokowi (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebut Indonesia harus bisa keluar dari krisis kesehatan akibat pandemi Corona. Indonesia memiliki pengalaman keluar dari krisis yaitu pada tahun 1998 dan 2008.

Sri Mulyani menceritakan ekonomi nasional memiliki pengalaman yang cukup hebat, di antaranya adalah mengalami hiperinflasi hingga perekonomian yang hancur akibat peran dan warisan dari penjajahan.

"Setiap krisis bangsa Indonesia selalu mampu keluar dari krisis dan menjadi lebih baik, kita juga akan berjuang dalam menghadapi situasi ini dengan semangat yang sama," kata Sri Mulyani dalam sambutannya di upacara Hari Oeang ke-74, Sabtu (31/10/2020).

Dia bercerita lebih lanjut mengenai sejarah perbaikan ekonomi nasional dari era kolonial. Perbaikan dimulai pada saat pemerintah menerbitkan Oeang Republik Indonesia (ORI) pada 30 Oktober 1946. Menurut dia, era kedaulatan pun dimulai.

Penerbitan ORI juga menjadikan Kementerian Keuangan sebagai institusi negara yang mengelola keuangan dan kekayaan negara. Selanjutnya, pemerintah juga banyak melakukan reformasi demi mengamankan pendapatan dan belanja negara.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Sri Mulyani Beberkan Potensi Ekonomi Digital RI yang Luar Biasa"
[Gambas:Video 20detik]