Sejarah Danone di RI yang Kena Imbas Seruan Boikot Produk Prancis

Soraya Novika - detikFinance
Minggu, 08 Nov 2020 07:58 WIB
Danone
Foto: REUTERS/Vincent Kessler

Sejarah Berdirinya Danone

Dikutip dari Washington Post, Danone didirikan oleh Isaac Carasso, seorang dokter Yahudi Sephardic kelahiran Salonika, Yunani.

Carasso, pada tahun 1919 lalu, hanya memproduksi yogurt di Barcelona, Spanyol dan menamai yogurtnya itu dengan merek Danone yang artinya Daniel Kecil. Nama itu terinspirasi dari nama putranya sendiri yang bernama lengkap Daniel Carasso.

Pada 1929, Carasso memindahkan perusahaannya itu dari Spanyol ke Prancis dan membuka pabrik di sana. Berselang puluhan tahun kemudian tepatnya pada 1942, saat Daniel sudah beranjak dewasa, Daniel memindahkan perusahaan ayahnya itu ke New York.

Di sana, Daniel membangun kerja sama dengan pria Spanyol kelahiran Swiss bernama Juan Metzger dan mengubah merek Danone menjadi Dannon agar lebih cocok dengan telinga orang Amerika.

Lalu pada 1951, Daniel kembali ke Paris untuk mengelola bisnis keluarganya itu yang bermarkas di Prancis dan Spanyol. Sedangkan bisnisnya di Amerika, dijual kepada Beatrice Food pada 1959.

Namun, beberapa tahun kemudian, bisnisnya di Amerika itu kembali dibeli Danone.

Berbagai proses pengembangan bisnis Danone terus berjalan dan pada 1983, perusahaan ini kembali berganti nama menjadi Groupe Danone.

lanjut ke halaman berikutnya



Simak Video "Presiden Prancis Ancam Persulit Hidup Warga, Jubir Beri Penjelasan"
[Gambas:Video 20detik]