Wamen BUMN Ibaratkan Partai Demokrat dan Republik AS dengan Bank

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Selasa, 24 Nov 2020 15:41 WIB
Dirut Inalum Budi Gunadi Sadikin (Andhika-detikcom)
Foto: Budi Gunadi Sadikin (Andhika-detikcom)

Dalam kesempatan yang sama, Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan juga bicara soal kemenangan Partai Demokrat pada Pemilu AS. Menurutnya hubungan pemerintah AS yang akan segera dipimpin Presiden terpilih Joe Biden yang berasal dari Partai Demokrat akan tetap berjalan baik dengan Indonesia.

Dia mengaku saat ke AS beberapa waktu lalu, dirinya juga sudah menemui perwakilan Partai Demokrat. Menurutnya, mereka juga mengapresiasi pemerintah Indonesia.

"Banyak yang bertanya bagaimana dengan pemerintah AS berikutnya? Pemerintahan yang berikutnya juga saya lihat karena saya ada ketemu dengan beberapa orang Demokrat juga. Mereka juga menyampaikan apresiasi kepada kita, Indonesia," ujar Luhut.

Bahkan, Luhut mengaku perwakilan dari Partai Demokrat sempat kagum dengan langkah Indonesia yang melakukan restorasi mangrove. Menurutnya, negara-negara di dunia saat ini sangat peduli terhadap lingkungan.

"Mereka juga terkejut, atau kalau saya bilang mungkin kagum bahwa presiden Jokowi sudah merencanakan restorasi mangrove seluas 623 ribu hektar lebih di 4 tahun ke depan," ujar Luhut.

"Karena itu sekarang di dunia masalah lingkungan menjadi sangat penting," katanya.


(ara/ara)