Kalahkan London, Shanghai Jadi Kota Paling Mudah Dijangkau

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Jumat, 27 Nov 2020 08:45 WIB
Road sign indicating the direction of Shanghai Pudong airport and a plane that just got up.
Ilustrasi/Foto: Getty Images/iStockphoto/ugurhan
Jakarta -

Shanghai telah mengalahkan London untuk kota paling terhubung di dunia karena pandemi virus Corona. Virus ini banyak mengganggu perjalanan internasional.

Mengutip BBC, Jumat (27/11/2020), IATA menyatakan London mengalami penurunan sampai 67% dalam konektivitas perjalanan udara. Shanghai telah naik peringkat, dan empat kota paling terhubung di dunia sekarang semuanya ada di China.

IATA menyatakan, pandemi telah merusak satu abad kemajuan untuk konektivitas antarkota.

"Pergeseran dramatis menunjukkan skala di mana konektivitas dunia telah dipesan ulang selama beberapa bulan terakhir," kata Sebastian Mikosz, juru bicara International Air Transport Association (IATA).

Pusat transportasi besar termasuk London, New York, dan Tokyo telah terpukul parah oleh pengurangan dramatis dalam penerbangan, masuk dan keluar kota mereka.

"Tidak ada pemenang, hanya beberapa pemain yang mengalami lebih sedikit cedera," tambahnya.

Perjalanan udara di China telah pulih secara luas dan selama musim liburan Golden Week 425 juta orang bepergian ke seluruh negeri menurut Kementerian Pariwisata China.

China juga secara bertahap membuka perjalanan dan membahas perjanjian perjalanan bebas karantina dengan sejumlah negara termasuk Jepang dan Singapura.

Empat kota teratas yang paling terhubung di dunia sekarang adalah Shanghai, Beijing, Guangzhou, dan Chengdu. Sementara, awal pekan ini, Presiden China Xi Jinping menyerukan mekanisme global yang akan menggunakan QR code untuk membuka perjalanan internasional.

(acd/ara)