Mantap! Australia Keluar dari Jurang Resesi

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Rabu, 02 Des 2020 11:28 WIB
Australia Mengalami Resesi: Apa Pengaruhnya Bagi yang Tinggal di Australia?
Foto: ABC Australia
Jakarta -

Australia mengumumkan telah keluar dari kondisi resesi ekonomi. Resesi yang terjadi di negeri kangguru ini merupakan yang pertama sejak 30 tahun.

Melansir Asia Times, Rabu (2/12/2020), Biro Statistik Australia resmi merilis pertumbuhan ekonomi Australia telah berada di angka positif 3,3% pada Juli-September dibandingkan dengan kuartal sebelumnya.

Kembalinya pertumbuhan ekonomi ini terjadi setelah rekor kontraksi hingga 7% pada kuartal Juni dan penurunan 0,3% pada kuartal pertama tahun 2020.

Transmisi lokal penyebaran COVID-19 di Australia dinilai sudah mulai terkendali. Data resmi pun menunjukkan bisnis telah mulai pulih dan pengeluaran konsumen telah meroket.

Biro Statistik Australia mengatakan pengeluaran konsumsi rumah tangga masyarakat menjadi bagian paling besar yang mendorong pemulihan ekonomi negeri kangguru. Konsumsi lokal naik 7,9% dibandingkan dengan kuartal sebelumnya.

Tapi, Gubernur Bank Sentral Australia Philip Lowe memperingatkan bahwa indikator ekonomi positif bisa saja menutupi kesulitan yang masih ada. Dia menilai belum semua sektor mengalami perbaikan ekonomi.

"Angka-angka ini... tidak bisa menyembunyikan kenyataan bahwa pemulihan akan tidak merata dan bergelombang dan akan berlarut-larut. Beberapa bagian ekonomi berjalan cukup baik, tetapi yang lain berada dalam kesulitan yang cukup besar, "kata Lowe.

Selanjutnya
Halaman
1 2