Harga Telur Ayam Tembus Rp 30.000/Kg, Ini Biang Keroknya

Vadhia Lidyana - detikFinance
Sabtu, 19 Des 2020 15:30 WIB
Jelang natal dan Tahun Baru, harga sejumlah bahan pangan diprediksi akan naik. Cabai merah dan telur ayam mulai beranjak naik.
Ilustrasi/Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Harga telur ayam melonjak drastis. Misalnya saja di Pasar Jatinegara, Jakarta Timur, hari ini tembus Rp 30.000 per kilogram (kg). Harga telur ayam rata-rata nasional juga merangkak naik, dan kenaikan tertinggi di Provinsi Papua, yang tembus Rp 42.100/kg per Jumat (18/12).

Menurut Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag), Syailendra, kenaikan ini terjadi karena ada penurunan pasokan telur ayam karena jumlah ayam petelur (layer) juga berkurang.

"Imbas dari harga broiler (ayam pedaging/potong) yang sempat tinggi pada periode sebelumnya yang mengakibatkan sebagian ayam layer beralih ikut memasok pasar broiler, atau diafkir/kapasitas ayam ras petelur berkurang, sehingga berdampak pada berkurangnya pasokan telur ayam ras saat ini," kata Syailendra kepada detikcom, Sabtu (19/12/2020).

Beberapa waktu lalu, harga ayam hidup di tingkat peternak sempat anjlok, sehingga ayam potong di pedagang juga ikut anjlok. Kemudian, Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Kementerian Pertanian (Kementan) menerbitkan Surat Edaran (SE) Dirjen PKH No. 09246T/SE/PK/230./F/08/2020 Tentang Pengurangan DOC FS Melalui Cutting Hatching Egg (HE) Umur 18 Hari, Penyesuaian Setting HE, dan Afkir Dini Parent Stock (PS) Tahun 2020.

SE itu dikeluarkan untuk mengendalikan supply Final Stock (FS) melalui pengurangan DOC (day old chick) FS dengan cara cutting hatching egg (HE) umur 18 hari sebanyak 7 juta butir per minggu. Pengurangan DOC tersebut juga dilakukan melalui pembatasan jumlah setting HE dengan target sebanyak 7,5 juta butir per minggu dan akan berdampak mengurangi supply DOC FS di bulan September-Oktober 2020. Oleh sebab itulah harga ayam potong perlahan-lahan membaik, atau tidak lagi anjlok di peternak.

Berlanjut ke halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2