Antrean Rapid Test Antigen Nyaris 1.000 Orang di Gambir, Ini 3 Faktanya

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Selasa, 22 Des 2020 20:00 WIB
Antrean Rapid Test Antigen
Foto: Herdi Alif Al Hikam
Jakarta -

Syarat rapid test antigen untuk perjalanan kereta api jarak jauh mulai diterapkan hari ini. Salah satu fasilitas tes rapid antigen bisa dilakukan di stasiun kereta api.

Salah satunya di Stasiun Gambir, namun justru pagi ini layanan rapid test antigen di sana diserbu masyarakat dan menimbulkan antrean yang panjang. Bahkan, dari pantauan detikcom, Selasa (22/12/2020), hingga sekitar pukul 8.45 WIB sudah ada 920 antrean atau hampir 1.000 orang tes rapid antigen.

Berikut ini 3 fakta penting soal antrean rapid test KAI yang membludak.

1 Antrean Nyaris 1.000 Orang

Menurut petugas keamanan yang ditemui detikcom, antrean di Stasiun Gambir sudah terjadi sejak pukul 5.30 WIB pagi ini. Itu pun baru antrean mengambil nomor giliran, tesnya sendiri baru dibuka sekitar pukul 7.00 WIB. Saking ramainya, antrean rapid test antigen mengular dari area parkir utama selatan hingga ke koridor stasiun.

"Ini dari jam setengah 6 udah ada antreannya, kita buka buat ambil nomor dulu tadi, ramai banget kaget kita juga, sampai sekarang udah 920 nomor. Kalau tesnya mah baru buka jam 7-an. Ini tadi lebih panjang lagi antreannya, sampe ke lorong itu tadi," kata salah petugas keamanan kepada detikcom.

detikcom sendiri tiba di Stasiun Gambir sekitar pukul 8.20 WIB, itupun antreannya sudah panjang. Suasana cukup padat dan ramai, meski begitu anjuran jaga jarak masih coba diterapkan oleh petugas keamanan.

2 Keluhan Penumpang

Imam seorang penumpang dari Tanjung Priok mengaku sudah mengantre sejak pukul 6.45 WIB, itupun sampai pukul 8.30 WIB dirinya masih menunggu giliran untuk dites. Dia mengaku dirinya mendapat nomor giliran 265.

"Saya nomor 265, ini nunggu dari jam 7 kurang 15 kayaknya tadi. Saya sampai juga udah ramai banget antreannya, orang pada kaget kali ya tau-tau disuruh rapid antigen," kata Imam.

Imam sendiri mengaku akan naik kereta ke Malang dari Stasiun Senen, jadwal keberangkatannya pukul 11.30 WIB. Dirinya pun mengaku kaget dengan adanya aturan rapid antigen ini.

"Saya mau ke Malang, kereta saya sih dari (Stasiun) Senen, cuman tadi takut ramai, makanya ke sini, eh ternyata di sini sama aja. Bismillah bisa dikejar lah jam 11 di Senen, kereta saya berangkat setengah 12 sih jadwalnya," ujar Imam.

3 Tanggapan KAI

PT KAI (Persero) pun buka suara menanggapi hal tersebut. Menurut Kahumas KAI Daop I Eva Chairunisa pihaknya mengaku sudah melakukan antisipasi antrean panjang yang membludak. Dia pun tak menepis kebijakan wajib rapid test antigen ini akan menimbulkan antrean panjang di stasiun. Di area Daop I KAI alias Jakarta, layanan rapid test antigen bisa dilakukan di Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen.

Mengantisipasi hal itu, PT KAI pun memperbanyak petugas yang melakukan pengetesan rapid test antigen di Stasiun Gambir dan juga Stasiun Pasar Senen. Mulai dari tenaga pengetesan, hingga tenaga keamanan untuk mengatur antrean.

Untuk petugas yang melakukan ditambah hingga dua kali lipat. Titik pengetesan pun ditambah dari awalnya ada 5 titik, kini menjadi 10 titik.

(fdl/fdl)