Nggak Perlu Mewah, Manfaatkan 4 Tempat Ini untuk Mulai Berbisnis

Faidah Umu Sofuroh - detikFinance
Rabu, 23 Des 2020 08:45 WIB
Kantor bisa diibaratkan sebagai rumah kedua. Itu karena sebagian besar waktu orang-orang dihabiskan di tempat kerja. Oleh karena itu beberapa perusahaan mendesain kantornnya sedemikian rupa agar pegawainya merasa betah.
Foto: dok. Fortune.com
Jakarta -

Sejak pandemi, banyak masyarakat yang berlomba-lomba untuk memulai bisnis kecil-kecilan. Mulai dari makanan, pakaian, hingga masker sekalipun. Beberapa bisnis di tengah pandemi memang banyak yang menjanjikan, bahkan tak jarang mengalami lonjakan yang drastis.

Buat Anda yang baru mulai ingin berbisnis, tak perlu repot untuk menyiapkan toko atau ruko mewah. Di empat tempat ini saja Anda bisa memanfaatkannya untuk memulai bisnis, loh.

1. Rumah

Memulai bisnis dari rumah, kenapa tidak? Rumah bisa jadi tempat yang tepat untuk memulai bisnis di tengah pandemi. Sebab, lebih aman dan hemat budget untuk modal tempat. Adapun hal pertama yang harus diperhatikan untuk memulai bisnis dari rumah adalah jenis usaha yang akan dilakukan.

Ada banyak ide bisnis yang bisa dilakukan di rumah. Contohnya seperti bisnis katering, masker, konter, percetakan rumahan, souvenir, dan lain-lain. Anda juga bisa memasarkan produk yang Anda buat melalui e-commerce untuk menjangkau pasar yang lebih luas.

2. Garasi

Semua orang di dunia ini pasti kenal produk Apple. Namun siapa sangka, salah satu perusahaan terbesar di dunia ini ternyata memulai bisnis di garasi, loh. Pendiri Apple Steve Jobs dan Wozniack memulai bisnis mereka di garasi pada 1976 silam. Kini, Apple sudah bertransformasi menjadi big company yang memiliki lebih dari 40.000 pekerja.

Selain Apple, Bill Gates and Paul Allen juga mendirikan Microsoft pada 1975 dari garasi. Kemudian ada Larry Page dan Sergey Brin yang membuat mesin pencari Google pada 1998 juga dari garasi. Lalu studio pertama Walt Disney juga merupakan garasi mobil di Hollywood dengan ukuran yang sangat kecil.

3. Van

Jika Anda punya mobil atau van nganggur, coba manfaatkan untuk berjualan. Ada banyak ide bisnis yang bisa dilakukan dengan menggunakan van. Seperti food truck, jualan pakaian hingga menjadikannya mini cafe.

Kelebihan dari berjualan dengan van yaitu mobilitas dan fleksibilitas yang sangat tinggi. Anda bisa memilih tempat-tempat strategis untuk berjualan atau berkeliling untuk menjajakan produk-produk yang Anda jual.

4. Virtual Office

Istilah virtual office mungkin masih asing terdengar di telinga masyarakat Indonesia. Padahal, virtual office ini merupakan solusi bagi Anda yang ingin memiliki perusahaan tanpa ribet memikirkan syarat domisili pendirian perusahaan.

Mobilitas yang tinggi dan dapat berkantor di mana pun dengan tetap memiliki kantor representatif adalah alasan para pengusaha baru memilih virtual office. Selain itu, perekonomian Indonesia yang terdampak oleh pandemi juga membuat banyak pengusaha yang beralih menggunakan virtual office.

Penggunaan virtual office ini merupakan salah satu cara untuk menerapkan transformasi digital atau mengubah usaha Anda untuk beralih ke digital.

"Untuk memanfaatkan transformasi digital, tentunya diperlukan investasi yang cukup besar. Salah satu solusi untuk mendukung transformasi digital ini adalah dengan pendanaan dari perbankan terpercaya. Selain dukungan dari segi pendanaan, pihak perbankan juga dapat memberi kemudahaan lainnya seperti kenyamanan transaksi digital dan juga dalam bentuk pembinaan seperti edukasi keuangan yang dapat membantu pelaku usaha untuk tetap bertumbuh di masa yang menantang ini," kata Haryanto Suryonoto, SME Business Head Bank Danamon.



Simak Video "Tom MC Ifle Sharing Soal Manajemen Bisnis"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/ega)