Sederet PR Penting Para Menteri Ekonomi Baru Jokowi

Soraya Novika - detikFinance
Selasa, 22 Des 2020 21:56 WIB
Sandiaga Uno di Istana Negara
Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden/Laily Rachev
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menunjuk 6 menteri baru dalam Kabinet Indonesia Maju. Tiga di antaranya membidani sektor ekonomi, yaitu M Lutfi sebagai Menteri Perdagangan, Sakti Wahyu Trenggono sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan, dan Sandiaga Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Menurut Ekonom dari Center of Reform on Economic (CORE) Indonesia Yusuf Rendy Manilet, PR untuk Sandiaga Uno yang utama adalah meningkatkan kunjungan pariwisata di Indonesia. Namun, di saat yang sama mampu memastikan peningkatan kunjungan tadi tak berdampak negatif pada peningkatan kasus COVID-19.

PR lainnya adalah terkait 10 destinasi wisata prioritas baru. Diharapkan pandemi tidak lagi jadi kendala terhadap infrastruktur dan kesiapan 10 destinasi wisata baru tersebut.

"Dalam konteks ini, kebijakan pariwisata tidak bisa dijalankan sendiri oleh Kementerian Pariwisata. Bagaimana kolaborasi dari Pak Sandi dengan pihak lain, yang menarik untuk ditunggu," ujar Yusuf kepada detikcom, Selasa (22/12/2020).

Sedangkan untuk M Lutfi, yang pernah menjabat Menteri Perdagangan, PR-nya adalah membuka pasar ekspor baru.

"Untuk Kemendag, bagaimana mencari pasar ekspor baru di luar pasar tradisional. Saat ini banyak negara yang potensinya belum optimal tergali sebagai pasar ekspor Indonesia seperti misalnya Pakistan atau Brasil," katanya.

Sedangkan Sakti Wahyu Trenggono terkait kebijakan ekspor benih lobster yang kini sedang menjadi polemik. Kebijakan ekspor benih lobster tersebut tercantum dalam Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 12/2020, di era Edhy Prabowo.

"Untuk Menteri KP, kebijakan yang tegas terkait ekspor benih lobster menjadi patut ditunggu untuk diselesaikan untuk menteri yang baru," imbuhnya.

(hns/hns)