Diminta Jokowi Jaga Stabilitas Harga, Ini Strategi M Lutfi

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Rabu, 23 Des 2020 13:09 WIB
M Lutfi
Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Menjaga kestabilan harga barang jadi prioritas utama bagi Menteri Perdagangan M Lutfi yang baru saja dilantik. Terlebih lagi di tengah momen natal dan tahun baru (Nataru) biasanya lonjakan harga barang akan terjadi.

Lutfi mengatakan pihaknya akan menjaga kelancaran distribusi arus barang, khususnya barang-barang kebutuhan pokok. Hal ini dilakukan agar pasokan barang bisa dijaga dengan baik selama Nataru.

"Kan gini kan untuk menjaga barang ini, arus barang itu mesti kita jamin kan tentu kita ingin supaya supply nggak terganggu, terutama natal dalam beberapa hari dan tahun baru dalam beberapa minggu ke depan," ujar Lutfi ditemui di kantor Kemendag, Jakarta Pusat, Rabu (23/12/2020).

Usai dilantik dan melakukan serah terima jabatan dengan Agus Gumiwang, menteri sebelumnya, Lutfi mengatakan akan segera melakukan pengecekan distribusi arus barang ke Dirjen Perdagangan Dalam Negeri. Dia ingin menjamin kelonjakan harga tidak terjadi.

"Saya ingin mengecek kepada Dirjen Perdagangan Dalam Negeri dulu untuk memastikan bahwa seluruh barang, apa yang bisa kita laksanakan hari ini, untuk menjamin tidak ada kelonjakan harga yang besar dan memberatkan masyarakat," kata Lutfi.

Dia menjelaskan harga barang memang harus tetap stabil, hal itu dilakukan untuk menjaga daya beli masyarakat di tengah pandemi COVID-19.

"Yang saya bilang tadi menjaga daya beli masyarakat," ujarnya.

Lutfi pun mengatakan salah satu dari tiga tugas utamanya menjadi Mendag adalah untuk menjaga kestabilan harga dan menekan angka inflasi.

"Jadi waktu dipanggil pak Jokowi, pak Jokowi pesan 3 hal, hal itu adalah menjaga kestabilan harga terutama inflasi," ujar Lutfi.

(eds/eds)