Sandi-M Lutfi di Jajaran Menteri Jokowi, Pengusaha Muda: Kader Terbaik

Trio Hamdani - detikFinance
Rabu, 23 Des 2020 11:53 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah resmi mengenalkan 6 menteri barunya dalam reshuffle kabinet pertama Jokowi-Maruf untuk Kabinet Indonesia Maju.
Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden/Laily Rachev
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan nama-nama Menteri barunya. Menunjuk Mantan Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) periode 2005-2008, Sandiaga Salahuddin Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga akan menggantikan Wishnutama Kusubandio yang dilantik sebagai Menparekraf oleh Jokowi pada 23 Oktober 2019 lalu

Mantan ketum HIPMI periode 2001-2004 Muhammad Lutfi juga ditunjuk sebagai Menteri Perdagangan menggantikan Agus Suparmanto, Rabu (23/12/2020).

Wakil Ketua Umum (Waketum) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), Eka Sastra mengucapkan terima kasih atas pemilihan para kader HIPMI yang sudah dipercaya untuk masuk dalam jajaran Menteri.

"Pemilihan para kader HIPMI menjadi Menteri merupakan pilihan yang tepat menuut saya, karena masalah terbesar kita saat ini adalah Ekonomi, sehingga Kabinet yang diisi oleh Menteri dengan latar belakang ekonomi menjadi kebutuhan objektif bangsa kita ke depan," ungkap Eka di Jakarta (23/12).

Kader HIPMI yang juga merupakan mantan ketum HIPMI yang sudah lebih dahulu ditunjuk untuk menjabat menjadi Menteri ada Erick Thohir dan juga Bahlil Lahadalia.

"Dengan adanya kader-kader terbaik HIPMI di jajaran Menteri, besar harapan kita bisa membawa banyak kontribusi diperekonomian Indonesia, agar pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa kian membaik dan meningkat. Masalah kita adalah ekonomi, semoga ini menjadi titik balik kebangkitan ekonomi nasional di tengah pandemi," kata Eka yang juga Ketua Relawan Pengusaha Muda Nasional (REPNAS) Jokowi-Maruf.

Ia juga menambahkan kondisi ekonomi Indonesia yang sedang terpuruk dengan adanya pandemi Covid-19 ini bisa segera berlalu dan membaik. Dengan latar belakang pengusaha semoga bisa memperbaiki dunia usaha yang akan berdampak kedalam pertumbuhan ekonomi Indonesia.

"HIPMI akan selalu mengawal kadernya agar memberikan kontribusi terbaik bagi Indonesia," tutup Eka.

Seperti diketahui Presiden Jokowi akhirnya mengumumkan reshuffle kabinet. Dalam konferensi pers yang digelar Jokowi secara virtual dari Istana Merdeka, Selasa (22/12), Jokowi menjelaskan alasan mengapa ia melakukan reshuffle kabinet

Pertama yang diperkenalkan Jokowi adalah Tri Rismaharini alias Risma yang ditunjuk menjadi Mensos. Kemudian Kedua , Jokowi memperkenalkan Sandiaga Uno untuk memimpin Kementerian Parekraf.

Kemudian ketiga, Budi Gunadi Sadikin yang menjadi Menkes. Keempat, Yaqut Cholil akan menjadi Menag untuk menggantikan Fachrul Razi.

Kelima, Wahyu Sakti Trenggono. Beliau sekarang ini Wamenhan dan akan kita berikan tanggung jawab untuk menjadi Menteri KP, Terakhir, Dubes RI untuk AS M. Lutfi bakal menjadi Mendag.

(toy/dna)