Waduh! Kode Program Microsoft Dibobol Hacker

Soraya Novika - detikFinance
Jumat, 01 Jan 2021 21:30 WIB
Evolusi desain Microsoft Windows
Foto: The Verge
Jakarta -

Peretas (hacker) di balik SolarWinds berhasil membobol pertahanan Microsoft Corp hingga bisa mengakses sejumlah kode program (source code) perusahaan teknologi itu.

Untuk diketahui, beberapa waktu lalu publik dibuat heboh oleh kabar bahwa ada peretas yang bisa menyusup ke sistem komputer Departemen Keuangan, Energi, dan Keamanan Dalam Negeri AS dan berbagai lembaga pemerintah AS lain, hingga perusahaan swasta di AS. Para hacker tadi mampu menembus sistem komputer pemerintahan AS lewat perangkat lunak atau software bernama SolarWinds.

SolarWinds adalah software buatan perusahaan AS untuk mengatur dan mengawasi jaringan dan sistem teknologi informasi suatu badan.

Kini, kelompok Hacker yang menyusup lewar SolarWinds tadi disebut telah berhasil membobol dan mengakses beberapa kode program Microsoft. Demikian laporan Microsoft sendiri dalam keterangan resminya dikutip dari Reuters, Jumat (1/1/2021).

Kode program atau source code merupakan sekumpulan instruksi untuk menjalankan perangkat lunak atau sistem operasi. Perusahaan teknologi pada umumnya sangat melindungi source code mereka dan Microsoft dikenal sangat hati-hati di antara perusahaan teknologi lainnnya.

Belum jelas seberapa banyak atau bagian mana saja dari tempat penyimpanan kode program Microsoft yang bisa diakses para hacker tersebut.

Microsoft dan beberapa perusahaan lainnya mengakui ada malware dari versi perangkat lunak buatan SolarWinds di dalam jaringan mereka.
Akan tetapi, peretasan sampai ke kode program merupakan hal yang baru.

Peretasan SolarWinds adalah salah satu operasi dunia maya paling ambisius yang pernah diungkap. Membahayakan setidaknya setengah lusin agen federal dan kemungkinan ribuan perusahaan dan lembaga lainnya.

(fdl/fdl)