Moeldoko Bicara Vaksinasi Jokowi, Begini Penjelasannya

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Senin, 04 Jan 2021 18:15 WIB
Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko,
Foto: Dok KSP
Jakarta -

Vaksinasi COVID-19 akan segera dilakukan. Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebelumnya menyatakan siap mendapat vaksin di awal. Bagaimana mekanismenya?

Kepala Staf Presiden Moeldoko menjelaskan, proses vaksinasi tinggal mengatur jadwal. Dia mengatakan, berdasarkan konsultasi dengan BPOM vaksinasi akan dilakukan pada pertengahan Januari 2021.

"Itu tinggal mengatur jadwal saja sebenarnya, konsultasi saya dengan BPOM ancer-ancernya itu antara pertengahan Januari sampai dengan minggu ketiga Januari, karena semua prosesnya harus berjalan," katanya, Senin (4/1/2020).

Dia menuturkan, Jokowi telah memerintahkan agar semua pemangku kepentingan terkait vaksin mengatur proses Vaksinasi COVID-19 ini secara baik. Jokowi, kata Moeldoko, telah memberi instruksi sejak dua bulan lalu.

"Dan presiden sudah memerintahkan semua stakeholder yang berkaitan dengan penyelesaian vaksin supaya betul-betul dimanage dari awal dengan baik, siapa berbuat apa, bagaimana mengaturnya, waktunya berapa lama, cara distribusinya bagaimana, dan seterusnya, yang menjadi prioritas siapa, semuanya sudah diberikan petunjuk presiden kira-kira dua bulan yang lalu, sehingga semuanya sekarang pada posisi menunggu kapan janjinya dilakukan," paparnya.

Moeldoko menuturkan, mekanisme vaksinasi presiden pada dasarnya tidak ada bedanya dengan yang lain.

"Kalau Vaksinasi (COVID-19) kepada presiden, sama, tidak ada bedanya dengan yang lain, karena prosedurnya sama mungkin petugas dateng tinggal buka jebret selesai, nggak terlalu sulit," ujarnya.

(acd/fdl)