Sad.. Belanja di Grabtoko, Uang Puluhan Juta Raib Dibawa Kabur

Trio Hamdani - detikFinance
Rabu, 06 Jan 2021 14:13 WIB
Ilustrasi Penipuan
Foto: Ilustrasi oleh Mindra Purnomo
Jakarta -

Baru-baru ini seorang pengguna Twitter @destynrc curhat soal nasib uangnya Rp 23 juta yang dia transfer ke rekening atas nama Grab Toko Indonesia (grabtoko). Uang tersebut dia gunakan untuk membeli 2 unit iPhone. Sayang, barang tersebut tak kunjung diterimanya.

Kasus itu bermula ketika dirinya membeli produk di grabtoko. Berdasarkan tangkapan layar yang dia bagikan, yang dibeli adalah 2 unit iPhone, masing-masing seharga Rp 11,5 juta. Pembayaran dilakukan pada 28 Desember 2020.

Lalu dia membuka akun Instagram untuk mengkonfirmasi pembayaran. Anehnya saat mengunjungi akun grabtoko, dia tak menemukan postingan apa-apa. Lalu dia masuk menggunakan telepon genggam yang berbeda dan hasilnya tampak normal.

"Pake side account yg login di beda device. Kayanya ada pemblokiran IP device gak sih? WKWKWKWK," kata @destynrc dikutip detikcom, Rabu (6/1/2021).

Dia pun sudah mencoba untuk login ke akun grabtoko di website-nya, tapi selalu tidak berhasil. Info yang dia terima dari customer service, situs sedang down.

Dirinya pun sudah menunggu hingga 5 Januari 2021, dan barang yang dia beli tak juga datang.

"Udah 5 Januari tak ada tanda2 barang terkirim guys👏👏," sebutnya.

Dia mulai curiga jika grabtoko ini melakukan scam atau penipuan. Kemudian dia ditegur oleh pihak grabtoko karena menuduhnya melakukan penipuan. @destynrc lalu mengklarifikasi.

"Guysss gue gak bilang si grabtoko ini 100% scam ya. Kita tunggu aja sampe atau tidak nih barang. Mengingat banyak bgt dr kita yg udah bayar. Gue bakal update kalo ada update yakkk wakakaka," jelas @destynrc.

Rupanya tak hanya dirinya yang mengalami kejadian seperti itu. Pembeli lain di grabtoko pun bernasib serupa. Bahkan ada pembeli yang sampai mendatangi kantor grabtoko tapi ternyata tutup.

Akhirnya setelah menunggu lama tanpa kepastian, hari ini mereka mendapatkan jawaban dari pihak grabtoko melalui Instagram story.

"Pertama, mohon maaf atas keterlambatan respon dari pihak grabtoko, saat ini kita sedang melaporkan investor grabtoko atas penggelapan uang konsumen ke Mabes Polri di Trunojoyo Jakarta Selatan (nomer laporan menyusul setelah penyidikan). Kami juga sudah berusaha menyita aset investor yang ada dan membekukan semua rekening aset kami, agar terhindar kerugian lebih besar lagi," kata Managing Director PT Grab Toko Indonesia.

Grabtoko berjanji akan mengembalikan uang konsumen secepatnya setelah melalui proses penyidikan oleh kepolisian.

(toy/zlf)