Jokowi: Alhamdulillah Kita Tidak Sampai Lockdown

Trio Hamdani - detikFinance
Jumat, 08 Jan 2021 15:29 WIB
poster
Foto: Edi Wahyono
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersyukur lantaran Indonesia tak sampai lockdown untuk menekan penyebaran virus Corona (COVID-19), di saat banyak negara yang terpaksa lockdown.

"Kita ini kalau saya lihat masih, Alhamdulillah masih beruntung tidak sampai lockdown," kata Jokowi dikutip dari saluran YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (8/1/2021).

Lalu mantan Walikota Solo itu menyebutkan negara-negara yang harus lockdown imbas pandemi COVID-19 tak terkendali.

"Kalau negara lain kayak di Eropa lockdown, nggak sebulan-dua bulan, sampai 3 bulan. Bahkan tiga hari yang lalu di London Inggris lockdown lagi. Tiga hari yang lalu di Bangkok lockdown. Di Tokyo juga statusnya darurat," ungkapnya.

Tentu saja karena Indonesia tak sampai melakukan lockdown maka aktivitas masih bisa dijalankan walaupun terbatas. Itu dia sampaikan dihadapan para pedagang di Istana Kepresidenan Bogor.

"Kita di sini aktivitas masih meskipun terbatas masih bisa beraktivitas berusaha, meskipun dibatasi dengan protokol kesehatan yang ketat, bapak ibu juga masih bisa berusaha tetapi memang ini bukan kondisi normal," jelasnya.

Selain dengan vaksinasi, Jokowi berpesan agar seluruh pihak bisa menekan penyebaran virus Corona dengan menerapkan protokol kesehatan secara baik.

"Disiplin pakai masker, cuci tangan habis kegiatan, jaga jarak seperti ini, harus disiplin. Kalau memang itu bisa kita lakukan, itu akan sangat mengurangi (penularan). Jangan ke tempat-tempat yang kerumunan banyak, itu akan sangat mengurangi (penularan)," tambahnya.

(toy/dna)