Punya Bitcoin Tanpa Risiko, Emang Bisa?

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Sabtu, 23 Jan 2021 16:00 WIB
Bitcoin Melambung Di Atas 20 Ribu Dolar, Bakal Jadi Incaran Investor Awam?
Foto: DW (News)
Jakarta -

Nilai Bitcoin tercatat melesat 260% selama tahun 2020. Ini merupakan kenaikan yang luar biasa.

Harga Bitcoin memang sangat cepat bergerak dibandingkan mata uang kripto lainnya. Mengutip CNN Business, Sabtu (23/1/2020), ada beberapa cara agar investor bisa membeli bitcoin dan meminimalisir risiko.

CEO dan Pendiri Coin Flip Daniel Polotsky mengungkapkan ada banyak cara mendapatkan keuntungan melalui bitcoin tanpa memilikinya.

Misalnya menantikan berita penawaran umum perdana seperti Coinbase sebuah marketplace yang menjadi tempat perdagangan bitcoin.

Kemudian banyak perusahaan besar seperti PayPal yang juga mendapatkan manfaat dari lonjakan harga bitcoin ini.

Menurut dia, saham terkait mata uang kripto ini memang bisa berubah-ubah dalam waktu dekat. Lalu ada kenaikan yang sangat tinggi selama satu tahun terakhir.

Menteri Keuangan Amerika Serikat (AS) Janet Yellen melontarkan pernyataan terkait cryptocurrency. Hal ini membuat pasar cryptocurrency melakukan aksi jual.

Hal ini juga terjadi tak lama setelah Bank of America menyebut euforia bitcoin sebagai "the mother of all bubbles". Kemudian banyak cerita investor yang kehilangan password dompet uang kripto mereka.

CEO Silvergate Alan Lane mengungkapkan 2020 merupakan tahun untuk tumbuh dan ekspansi yang signifikan. "Karena investasi dalam mata uang digital meningkat di antara komunitas investor institusional," jelasnya.

Raksasa pembayaran digital seperti Square dan PayPal saat ini mengkaji menjual bitcoin. Analis Fintech BTIG Mark Palmer mengungkapkan banyak yang membeli saham PayPal hal ini karena rencana perusahaan tersebut masuk ke uang kripto.

(kil/eds)