Orang-orang Kaya Sedunia Kirim Surat ke Joe Biden, Ini Isinya

Aulia Damayanti - detikFinance
Selasa, 26 Jan 2021 12:23 WIB
Joe Biden berkantor di Ruang Oval Gedung Putih, rombak dekorasi peninggalan Donald Trump
Foto: BBC World
Jakarta -

Para bos dunia termasuk CEO Amazon, Jeff Bezos hingga bos Ford Motor Co, Bill Ford memberitahu Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden bahwa upaya memerangi perubahan iklim merupakan kunci menciptakan lapangan pekerjaan dan pemulihan ekonomi AS.

Dikutip dari CNBC, Selasa (28/1/2021) hal itu mereka sampaikan melalui surat terbuka kepada Biden. Lebih dari 150 pemimpin dunia telah menandatangani surat terbuka tersebut.

Secara khusus, surat terbuka yang dirilis hari Minggu kemarin menggarisbawahi potensi pertumbuhan lapangan pekerjaan yang akan disediakan oleh teknologi mitigasi perubahan iklim baru.

"Meskipun krisis iklim menghadirkan tantangan yang luar biasa, ini juga merupakan peluang ekonomi terbesar untuk inovasi, penciptaan lapangan kerja, bisnis baru, dan investasi di komunitas kita," tulisan dalam surat terbuka itu.

Joe Biden sendiri telah menyuarakan untuk perubahan iklim sejak masa kampanye. Dia pun diketahui akan menggelontorkan US$ 2 miliar untuk membangun infrastruktur AS yang diharapkan bisa menciptakan lapangan pekerjaan.

"Komitmen Anda untuk membangun kembali lebih baik dengan pekerjaan energi bersih dan mengatasi warisan ketidakadilan lingkungan adalah tindakan konsekuensial yang dituntut oleh sains dan masa depan kita," kata surat terbuka itu.

Dalam surat terbuka itu juga mengungkap pemimpin dunia akan membantu upaya Biden untuk melakukan perubahan iklim. Selain itu, apresiasi untuk Joe Biden juga dituliskan yang telah mengembalikan AS sebagai anggota di Perjanjian Iklim Paris.

"Dengan bergabung kembali dengan Perjanjian Paris pada hari pertama, Anda telah menggerakkan AS ke arah yang benar. Tapi, seperti yang telah Anda katakan, itu tidak cukup, dan kita harus 'melakukan semua yang kami bisa," lanjut surat terbuka.

Selain para pemimpin bisnis, beberapa aktivis selebritis ikut menandatangani surat terbuka untuk Joe Biden, termasuk Zooey Deschanel dan Leonardo DiCaprio.

(eds/eds)