Tol Cipali Masih Amblas, Bagaimana Lalu-Lintasnya saat Libur Imlek?

Soraya Novika - detikFinance
Sabtu, 13 Feb 2021 17:30 WIB
Pekerja memeriksa kondisi jalan tol yang ambles di ruas tol Cikopo-Palimanan (Cipali) KM 122, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Rabu (10/2/2021). Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Astra Tol Cipali akan melakukan percepatan penanganan amblesnya jalan di ruas tol Cipali KM 122 dengan membuat lajur sementara sepanjang 200 meter dengan perkiraan waktu pengerjaan selama 10 hari. ANTARA FOTO/Dedhez Anggara/rwa.
Foto: ANTARA FOTO/Dedhez Anggara
Jakarta -

Perbaikan jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) KM 122 arah Jakarta yang amblas masih terus berjalan. Berdasarkan keterangan ASTRA Tol Cipali, saat ini sedang dilakukan pemasangan sheetpile atau penanaman pondasi baja untuk memperkuat median yang akan dipergunakan sebagai jalan sementara agar lalu lintas bisa kembali normal dan tidak lagi diberlakukan contra flow.

"Pekerjaan pembuatan jalan sementara di median ini kami pastikan akan selesai dalam 10 hari ke depan dan jalan bisa dilalui oleh pengguna jalan dengan normal yang nantinya contraflow ditiadakan pada lokasi KM 122 sehingga pengguna jalan dapat berkendara dengan lancar, aman dan nyaman," ujar Agung Prasetyo Direktur Operasi ASTRA Tol Cipali dalam keterangan tertulisnya yang diterima detikcom, Sabtu (13/2/2021).

Selain itu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono menambahkan, saat ini juga sedang dilakukan tiga tahapan perbaikan mulai dari pemberlakuan sistem contraflow, pembangunan jalan darurat dan perbaikan secara permanen jalan yang retak.

"Ditargetkan (perbaikan secara permanen) selesai dengan waktu 1,5 bulan," ujar Basuki saat meninjau lokasi di KM 122, Jumat (12/2/2021).

Menurutnya, pekerjaan sementara di median jalan ini nantinya bisa dilalui pengguna jalan dengan normal yang nantinya resmi menutup contraflow yang sedang diberlakukan di Ruas Tol Cipali.

Tak hanya itu, ASTRA Tol Cipali juga melalukan normalisasi keretakan tanah di KM 122 yang saat ini tengah memasuki proses pemasangan platform bore pile untuk pembuatan detour jalan sementara sepanjang 200 m.

Sebagaimana diketahui, meskipun amblas tol ini tetap dioperasikan selama libur long weekend Imlek tahun 2021 ini dengan memberlalukan contra flow 1 Km. Menurut keterangan Astra, kondisi lalu lintas Jalan Tol Cipali sampai Jumat, 12 Februari 2021 kemarin terpantau ramai lancar.

Pada libur Imlek 2021 (12/2) tercatat jumlah kendaraan yang melintas di Tol Cipali sebanyak 51 ribu kendaraan yang di dominasi oleh kendaraan golongan 1. Dengan masih dilakukannya contra flow di sepanjang 1 Km dari KM 121+800 s.d KM 122+800, pengguna jalan diminta tetap berhati hati, mematuhi rambu-rambu lalu lintas yang berada di sepanjang Ruas Tol Cipali. Tetap aman berkendara dengan batas kecepatan min. 60 KM/jam dan pada kondisi hujan maks.70 KM/jam.

Pengendara di Tol Cipali juga diimbau agar senantiasa mengecek kondisi tekanan angin pada ban sebelum melakukan perjalanan.

(fdl/fdl)