Apa Itu Clubhouse App? Aplikasi Obrolan Suara yang Ramai Dibicarakan

Lusiana Mustinda - detikFinance
Rabu, 17 Feb 2021 15:45 WIB
Clubhouse
Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Clubhouse app mulai dilirik banyak orang setelah CEO Tesla Elon Musk menggunakannya dan memperlihatkan penggunaannya di YouTube. Apa sih Clubhouse app?

Dikutip dalam Bussiness Insider (11/02), Clubhouse adalah aplikasi audio-chat yang didirikan pada tahun 2020 dan dikembangkan oleh pengusaha Silicon Valley bernama Paul Davinson dan beberapa mantan pegawainya. Dan ini merupakan media sosial buatan Amerika Serikat berbasis audio.

Aplikasi ini memungkinkan penggunanya membuat satu ruang virtual yang digunakan untuk mengobrol dengan orang lain dalam panggilan konferensi yang besar. Aplikasi ini hanya mengeluarkan suara tidak dengan gambar, video dan teks.

Sementara itu dalam The Guardian disebutkan bahwa pengguna Clubhouse dapat mendengarkan diskusi seperti podcast live atau secara langsung dengan lapisan eksklusivitas.

Clubhouse bisa hanya bisa digunakan untuk undangan. Anda tidak bisa hanya mengunduhnya dari App Store dan membuat akun tetapi Anda perlu diundang untuk bergabung dengan anggota yang sudah ada.

Cara membuat akun Clubhouse

Untuk bergabung, pengguna Clubhouse yang sudah ada harus mengirim undangan dari aplikasi mereka untuk memberi akses kepada Anda agar dapat membuat akun. Jika diundang, Anda akan melihat link yang dikirim ke nomor telepon Anda, mengarahkan Anda ke halaman pendaftaran di aplikasi.

Akan tetapi pengguna yang sudah ada hanya memiliki dua undangan yang tersedia di awal. Sehingga aplikasi Clubhouse ini masih sangat terbatas karena pengguna harus bergabung secara langusng dan percakapan tidak disimpan. Dan orang yang ingin bergabung di Clubhouse harus diundang oleh seseorang yang sudah memiliki akun.

Clubhouse untuk Android saat ini memang belum tersedia. Clubhouse kini hanya tersedia untuk pengguna iPhone.

Dinilai tidak memiliki fitur keamanan seperti pemblokiran atau fasilitas untuk melaporkan pelecehan. Bahkan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengatakan Clubhouse adalah bagian dari Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE). Maka dari itu, Clubhouse harus terdaftar di Kominfo apabila masih menggelar layanannya ke pengguna internet Indonesia.

Merujuk pada Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 5 Tahun 2020 tentang Penyelenggara Sistem Elektronik Lingkung Privat, Clubhouse telah diberi waktu enam bulan untuk Clubhouse, terhitung sejak 24 November 2020.

Sehingga jika dalam waktu sekitar tiga bulan Clubhouse belum terdaftar di Indonesia, maka media sosial berbasis suara ini akan diputus akses ke layanannya alias diblokir oleh Kominfo.

(lus/erd)