Mewah... Dubai Bangun Pusat Belanja Raksasa di Pinggir Pantai

Aulia Damayanti - detikFinance
Kamis, 18 Feb 2021 14:52 WIB
Pusat Belanja Dubai
Foto: Dok. Istimewa
Jakarta -

Dubai membuka pusat ritel dan perdagangan di pantai. Pusat ritel itu bernama Souk Al Marfa dan berada di Deira yang merupakan pusat perdagangan tertua dan paling tradisional di Dubai. Letak tepatnya berada di dekat Mina Rashid, Mina Al Hamriya, dan Dermaga Deira.

Kawasan pusat ritel itu membentang 1,9 km di sepanjang pesisir pantai. Toko yang tersedia di sana ada 2.500 toko dan paviliunnya. Nantinya pusat ritel itu akan buka setiap hari termasuk hari-hari nasional.

Dikutip dari Khaleej Times, Kamis (18/2/2021) Kantor Media Pemerintah Dubai melaporkan warga negara dan turis Uni Emirat Arab dipersilakan untuk mengunjungi dan belanja berskala besar.

"Toko serba ada Souk Al Marfa memberikan peluang pertumbuhan yang terjangkau bagi para pedagang dengan menawarkan banyak manfaat. Ini termasuk 100% kepemilikan asing, repatriasi modal dan keuntungan, tidak ada pembatasan pergerakan mata uang, kemudahan logistik dan fasilitas tambahan seperti pergudangan, ruang kantor, ruang pamer, fasilitas ritel dan makanan tambahan," kata laporan kantor media.

Dubai sendiri adalah pusat ekspor terbesar ketiga di dunia, yang melayani negara-negara termasuk GCC, Afrika, Irak, dan Yaman. Souk Al Marfa diprediksi akan membawa peluang unik untuk membuka investasi masuk dan meningkatkan perdagangan dari negara-negara sekitarnya.

Chief Hospitality and Assets Officer, Nakheel Omar Khoory mengatakan Dubai unggul dalam pergerakan barang secara global melalui fasilitas pelabuhannya, kini peluang pedagang UKM di tingkat grosir akan menambah pertumbuhan ekonomi negara.

Sementara, Chief Operating Officer Dubai Trade World, Mahmood Al Bastaki mengatakan peluncuran Souk Al Marfa akan semakin meningkatkan kemampuan perdagangan grosir di Dubai.

"Kami berharap proyek ini memanfaatkan aplikasi NAU yang baru diluncurkan yang menghubungkan pemilik Dhow dengan pedagang, memungkinkan mereka untuk mencari, bernegosiasi dan memesan pengiriman, serta memanfaatkan lokasi strategis Mina Rashid, Mina Al Hamriya dan Deira Wharfage yang dikelola oleh DP World," jelasnya.

Deira Islands sendiri merupakan kota tepi laut baru yang dikelola oleh Nakheel. Rencanya seluas 15,3 km persegi, dirancang untuk diubah menjadi pusat perdagangan tradisional yang akan menjadi tujuan kelas dunia untuk kehidupan, pariwisata, ritel, dan rekreasi. Pembangunan telah menambah 40 km, termasuk 21 km dari tepi pantai, ke garis pantai Dubai.

(fdl/fdl)