Total Pengeluaran Orang Indonesia Plesir ke Luar Negeri Rp 140 T

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Jumat, 19 Feb 2021 19:47 WIB
Singapura
Ilustrasi/Foto: Singapore Tourism Board
Jakarta -

Pemerintah sedang menggenjot orang Indonesia alias wisatawan domestik ke berbagai destinasi wisata tanah air. Upaya ini menjadi strategi baru bisnis pariwisata di era pandemi COVID-19.

Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) Odo Manuhutu pengeluaran wisatawan domestik selama liburan cukup besar.

Bahkan dia mengungkapkan total pengeluaran orang Indonesia berliburan ke luar negeri mencapai US$ 10 miliar alias Rp 140 triliun (dalam kurs Rp 14.000).

"Salah satu kemarin saat rapat, kita melihat bahwa di domestik kita banyak wisatawan yang keluar negeri dengan nilai value US$ 10 miliar," kata Odo dalam diskusi virtual bersama wartawan, Jumat (19/2/2021).

"Itu adalah jumlah pengeluaran (wisatawan domestik)," katanya saat dikonfirmasi detikcom.

Dia mengatakan pemerintah ingin pengeluaran sebesar itu bisa dilakukan di destinasi lokal, bukan lagi ke luar negeri.

"Nah ini mau dikembangkan bagaimana agar itu yang dikeluarkan ke luar negeri, uangnya bisa didorong ke dalam negeri di domestik," kata Odo.

Odo mengatakan saat ini pemerintah sedang membuat kampanye Bangga Berwisata di Indonesia. Kampanye ini dilakukan untuk mendorong orang Indonesia di destinasi lokal.

"Bersama Kemenparekraf dan kementerian terkait kami buat kampanye Bangga Berwisata di Indonesia. Hal ini dilakukan untuk dorong demand produk wisata dalam negeri," kata Odo.

(hal/hns)