Goweser, Sepeda yang Dilaporkan dalam SPT Nggak Bakal Kena Pajak Lagi Kok

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Selasa, 23 Feb 2021 14:17 WIB
Sejumlah pesepeda bergerombol di Jalan Jend. Sudirman, Jakarta, Minggu (18/10/2020). Bersepeda kini menjadi olahraga dan juga aktifitas pilihan banyak warga DKI Jakarta untuk sekaligus melepas rasa penat saat pemberlakuan PSBB Transisi.
Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -

Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak Kementerian Keuangan belum lama ini mengimbau wajib pajak yang punya sepeda melapor sebagai harta dalam SPT pajak penghasilan (PPh). Apakah ini berarti sepeda kena pajak?

Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat Ditjen Pajak Neilmaldrin Noor menjelaskan yang dilaporkan wajib pajak dalam laporan SPT adalah penghasilan. Sedangkan harta yang dilaporkan tidak dipajaki.

"Tidak (dipajaki). Pajak penghasilan dikenakan atas penghasilan yang diterima atau diperoleh. Bukan sepeda dipajaki, sepeda dilaporkan ke dalam daftar harta di SPT tahunan saja," kata Neilmaldrin kepada detikcom, Selasa (23/2/2021).

Neilmaldrin menjelaskan dalam Pasal 3 Undang-undang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan (KUP) disebutkan bahwa SPT harus diisi dengan benar, lengkap, dan jelas.

Termasuk salah satunya adalah mengisi kolom daftar harta. Seluruh jenis harta, dan tanpa ada batas minimal harga harus dilaporkan.

"Pada prinsipnya semua jenis harta dilaporkan di SPT. Tidak ada batas minimal harga," tegas Neilmaldrin.

"Contoh yang lebih spesifik seperti uang tunai, tabungan, saham, obligasi, surat utang, reksadana, sepeda motor, mobil, logam mulia, peralatan elektronik, tanah, dan bangunan," sambungnya

Namun, Neilmaldrin tidak menampik masih ada wajib pajak yang bingung dalam melaporkan harta di SPT. Menurutnya wajib pajak cenderung tidak membaca petunjuk pengisian SPT atau karena semakin berkembangnya jenis-jenis harta dan investasi mereka.

Oleh sebab itu apabila ada jenis harta yang ingin dilaporkan, tetapi tidak ada namanya dalam kolom harta di SPT, maka dapat menggunakan kolom jenis harta lainnya.

Simak video 'Cara Lapor SPT Tahunan Pajak dengan e-Filing':

[Gambas:Video 20detik]



(hal/hns)