GeNose Sudah Dipakai di Stasiun Kereta, Selanjutnya Bandara?

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Selasa, 23 Feb 2021 16:05 WIB
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meninjau pelaksanaan GeNose C-19 di Stasiun Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat (19/2/2021).
Foto: Wisma Putra
Jakarta -

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan pertemuan dengan Menko PMK Muhadjir Effendy. Pertemuan dilakukan untuk membahas soal perluasan penggunaan GeNose untuk keperluan syarat perjalanan pada transportasi udara.

Usai melakukan pertemuan Budi Karya mengatakan GeNose sedang dipersiapkan untuk digunakan sebagai syarat perjalanan untuk transportasi udara. Dia mengatakan pihaknya akan melakukan evaluasi pada penggunaan GeNose pada kereta api.

"Teman-teman udara mau juga pakai GeNose. Makanya saya datang ke sini kita akan evaluasi yang dilakukan di kereta api dengan pak Menko," kata Budi Karya ditemui di Kantor Kementerian PMK, Jakarta Pusat, Selasa (23/2/2021).

Budi Karya mengatakan dirinya sudah meminta kepada Dirjen Perhubungan Udara Novie Riyanto untuk menyiapkan standar operasional GeNose di bandara.

"Saya sudah minta pak Dirjen untuk siapkan. Nanti kalau siap baru dilaksanakan. Ini harus dilakukan dengan tingkat kehati-hatian yang baik agar manfaatnya bisa berguna dan terukur dengan kualitas baik," kata Budi Karya.

Di sisi lain, Menko PMK Muhadjir Effendy mengatakan pihaknya ingin GeNose bisa diproduksi lebih masif. Dengan begitu, GeNose bisa digunakan untuk kepentingan lainnya. Bukan hanya untuk syarat perjalanan saja.

"Kita akan bicara supaya diproduksi masif dan dilakukan penyempurnaan sehingga bisa digunakan di semua tempat. Tidak hanya di bidang perjalanan tapi juga kepentingan lainnya," kata Muhadjir pada kesempatan yang sama.

Simak video 'Menhub Imbau Penggunaan GeNose di Lingkungan Perkantoran':

[Gambas:Video 20detik]



(hal/zlf)