RI Dekati VW Demi Proyek Mobil Listrik

Trio Hamdani - detikFinance
Kamis, 04 Mar 2021 05:30 WIB
Mobil listrik Volkswagen (VW) ID.3 mulai memasuki jalur produksi. Mobil berjenis hatchback ini akan diproduksi di fasilitas perakitan Volkswagen di Zwickau, Jerman.
Foto: Getty Images/Sean Gallup

Bahlil Lahadalia menyebut bisnis tambang emas Freeport di Papua menjadi pengalaman kelam bagi Indonesia. Sebab, pemerintah tak mendapat bagian maksimal.

"Freeport itu menjadi pengalaman kelam bagi kita. Dulu tahun 1970-an ketika Freeport dibangun, negara belum ikut mengambil bagian secara maksimal," kata dia.

Tak mau kejadian kelam itu terulang, pemerintah kini mendorong setiap investasi yang masuk ke Indonesia melibatkan perusahaan-perusahaan nasional. Itu sudah dilakukan pada investasi di ekosistem kendaraan listrik di Indonesia oleh LG.

"Nah contoh kayak LG, LG ini kita ikutkan adalah BUMN-BUMN kita seperti Antam, MIND ID, Pertamina dan PLN, ikut bersama-sama dalam tim di LG. Jadi mereka gabung," sebutnya.

Dijelaskan Bahlil, investasi yang berkualitas adalah investasi yang dapat berkontribusi terhadap pemerataan pertumbuhan ekonomi.

"Pikiran kita sebuah investasi yang masuk akan memberikan pertumbuhan ekonomi daerah, tetapi juga pemerataan pertumbuhan dan ikut besar bersama-sama itu terwujud. Itulah esensi daripada satu investasi yang berkualitas," tambahnya.

Halaman

(toy/zlf)