Ramadhan 40 Hari Lagi, Jokowi Ingatkan Jaga Pasokan Pangan

Danang Sugianto - detikFinance
Kamis, 04 Mar 2021 12:02 WIB
Presiden Jokowi menyampaikan harapannya untuk tahun 2021.
Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan Kementerian Perdagangan untuk menjaga stok kebutuhan pokok. Sebab sekitar 1 bulan lagi bulan Ramadhan tiba.

Di depan Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, Jokowi berpesan agar terus menjaga ketersediaan bahan kebutuhan pokok di seluruh pelosok Tanah Air. Pasokan juga dijaga dengan harga yang stabil dan terjangkau.

"Upayakan terus untuk memperbaiki kesetaraan harga di daerah-daerah pinggiran dan harus diantisipasi. Ini perlu juga saya ingatkan bulan Ramadhan yang tinggal 40 hari lagi lagi. Sebulan kemudian Idul Fitri," tegasnya saat membuka saat membuka Rapat Kerja Kementerian Perdagangan 2021, dilansir dari akun Youtube Sekretariat Presiden, Kamis (4/3/2021).

Jokowi meminta agar penjagaan pasokan kebutuhan pokok dipersiapkan dari sekarang. Dia berpesan agar melakukan antisipasi, meskipun Ramadhan tahun ini masih diselimuti pandemi COVID-19.

"Dari sekarang walaupun nanti kita akan menyambut dengan sederhana tetapi sekali lagi ketersediaan stock dan harga yang stabil harus dijamin," tegasnya.

Jokowi juga berpesan kepada Kementerian Perdagangan agar terus melakukan terobosan-terobosan yang kreatif dan inovatif, serta jangan hanya bekerja secara normatif.

"Saya juga ingin menegaskan bahwa tahun 2021 adalah tahun pemulihan. Target growth yang ada di APBN yang tadi saya disampaikan 5% itu harus betul-betul tercapai. Sekali lagi tahun 2021 adalah tahun pemulihan yang harus dilandasi dengan semangat dan optimisme. Untuk itu secara khusus saya meminta kepada seluruh jajaran Kementerian Perdagangan," tutup Jokowi.

Simak juga Video: Buka Rakernas Kemendag, Jokowi: Pertumbuhan Ekonomi Harus Capai Kurang Lebih 5%

[Gambas:Video 20detik]



(das/fdl)