Buset! Harga Cabai Sempat Rp 150.000, Lebih Mahal dari Daging Sapi

Aulia Damayanti - detikFinance
Rabu, 10 Mar 2021 18:00 WIB
Harga cabai rawit di berbagai wilayah termasuk Jakarta tengah jadi sorotan. Pasalnya harganya naik salah satunya akibat cuaca buruk yang melanda Tanah Air.
Foto: Rifkianto Nugroho

Dia juga mengeluhkan kenaikan harga cabai rawit merah ini, hingga akhirnya terpaksa menurunkan stok hingga tiga kali. Tidak hanya itu, pedagang itu juga mengungkap pelanggannya juga mengurangi pembeliannya.

"Sekarang saya turunin beli di Kramat Jati, tadinya 20 kilo jadi turun 3 kali lipat, 5 kilo aja. Pembeli juga belinya berkurang, warung makan tadinya beli 1 kilo jadi 1/2 kilo," kata Hadi.

Hadi berharap, jelang Ramadhan dan Hari Raya Lebaran harga cabai rawit merah bisa turun ke harga normal, di bawah Rp 100 ribu per kilogram dan pemerintah bisa menjamin itu.

"Ya harapannya, harga bisa turun lagi aja di bawah Rp 100 ribu per kilonya. Kalau pemerintah bisa menjamin, saya juga berharap begitu," pungkas Hadi.

Sementara harga cabai rawit merah melonjak, harga cabai lainnya ditemukan cukup stabil. Cabai merah panjang dan cabai rawit hijau stabil di harga Rp 60 ribu per kilogram. Cabai merah besar dan cabai hijau besar juga stabil di harga Rp 40 ribu per kilogram.

Halaman

(fdl/fdl)

Tag Terpopuler