Sandiaga Janji Bantu Akses Modal Produk Pesantren

Eko Susanto - detikFinance
Sabtu, 13 Mar 2021 15:30 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno saat berada di Rumdin Wagub Jateng Taj Yasin Maimoen, Sabtu (13/3/2021).
Menparekraf Sandiaga Uno/Foto: Eko Susanto/detikcom
Semarang -

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mendorong produk-produk ekonomi kreatif berbasis pesantren. Produk-produk ekonomi kreatif ini diharapkan bisa membuka lapangan pekerjaan.

"Kami ingin mendukung mendukung produk-produk ekonomi kreatif khususnya berbasis pesantren dan produk-produk ekonomi kreatif ini seperti Palmyra dan Aeromodelling ini memiliki nilai tambah yang sangat besar. Bisa membuka lapangan kerja dan menggunakan teknologi," kata Sandi kepada wartawan saat berada di Rumah Dinas Wakil Gubernur Jateng Taj Yasin Maimoen, Sabtu (13/3/2021).

Sandi akan membantu untuk akses pasar dan permodalan. Selain itu, adanya peningkatan pemberdayaan agar punya keahlian sehingga bisa bersaing.

"Ini nanti kita pastikan akses terhadap pasar, permodalan dan terakhir terhadap akses peningkatan pemberdayaan agar mereka ini punya skill yang bisa berdaya saing," tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut, Sandi juga berdiskusi mengenai keberadaan pariwisata dan ekonomi kreatif di Jawa Tengah. Nanti diharapkan bisa berkolaborasi dengan Kadin Jateng.

"Kita berdiskusi tentang pariwisata dan ekonomi kreatif dan tren-tren terkini dari pariwisata dan kesiapan dari Jawa Tengah untuk menyikapi tren pariwisata dan ekonomi kreatif terkini serta nanti kolaborasinya teman-teman Kadin Jateng," ujar Sandi.

Sementara itu, Wagub Jateng Taj Yasin Maimoen mendorong, produk UKM dan ekonomi kreatif dari pesantren. Pemprov Jateng juga mendukung industri pariwisata.

"Kali ini saya mendapatkan kehormatan mendapatkan tamu dari Kementerian Pariwisata Mas Sandi. Untuk industri yang ada di belakang kita kreatif juga ada UKM," ujarnya.

"Kita dorong dari ponpes dan tadi sudah bicara banyak hal di dalam yang insyaallah kita sepakat dari pemerintah provinsi dengan Kementerian mendorong UKM dan industri pariwisata," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Gus Yasin memberikan kenang-kenangan kepada Sandiaga Uno kaus berwarna putih bertuliskan 'Jogo Santri Jogo Kiai'.

"Kausnya enak dipakai," tutur Sandi.

(ara/ara)

Tag Terpopuler