Sabar Ya... KAI Belum Jual Tiket Khusus Mudik Lebaran

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Jumat, 19 Mar 2021 18:00 WIB
Antrean pembelian tiket di loket Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat
Foto: Muhammad Abdurrosyid/detikcom
Jakarta -

Sinyal-sinyal mudik Lebaran 2021 tidak dilarang mulai muncul. Bila mudik Lebaran boleh dilakukan, kereta api jadi salah satu moda transportasi yang paling diminati.

Meski begitu PT KAI (Persero) mengatakan masih belum akan mengalokasikan tiket kereta api khusus Lebaran untuk mengantisipasi lonjakan pemudik. Padahal, bulan puasa sudah di depan mata.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan saat ini pihaknya masih menunggu kepastian dari pemerintah, apakah mudik benar-benar akan diperbolehkan.

"Saat ini untuk penjualan tiket (mudik) Lebaran belum. Jadi tentu kita akan lihat dulu seperti apa kebijakannya. Kita akan lakukan evaluasi-evaluasi atau langkah-langkah yang memberi kemudahan dan kenyamanan bagi masyarakat," ujar Joni kepada awak media di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (19/3/2021).

Meski begitu dia mengaku pihaknya akan tunduk pada apapun kebijakan pemerintah soal mudik Lebaran 2021. Baik dilarang maupun diperbolehkan. Jika diperbolehkan pihaknya akan langsung melakukan kesiapan sarana prasarana hingga sumber daya manusia untuk meningkatkan layanan di musim mudik.

"Misalnya mudik (Lebaran) diperbolehkan, tentu kita akan menyiapkan segala sesuatunya, mulai dari sarana, prasarana, operasional, layanan, dan sumber daya manusianya. Termasuk juga tentu penegakan protokol kesehatan," kata Joni.

Selanjutnya
Halaman
1 2