Viral Gunung Emas di Kongo, Ini 8 Tanda Akhir Zaman yang Harus Diimani

Tim detikcom - detikFinance
Jumat, 19 Mar 2021 21:30 WIB
Congolese artisanal miners are seen mining for gold in the Togo-Kazaroho area on July 11, 2018 in Ituri Province. The Togo-Kazaroho Gold Mining site lies deep within the Ituri Forest. Miners will stay out in the forest for up to a week, by the end of the week the will usually have mined about Six grams of gold. The gold gets sold to traders in the near by town of Mambasa, from there it will either head legally to the town of Bunia or Illegally over the borders in Uganda. (Photo by John WESSELS / AFP)
Foto: AFP/JOHN WESSELS/Viral Gunung Emas di Kongo, Ini 8 Tanda Akhir Zaman yang Harus Diimani
Jakarta -

Viral adanya gunung emas di Provinsi Kivu Selatan, Kongo. Penemuan ini dikaitkan dengan datangnya akhir zaman atau kiamat.

Hal ini berasal dari mengeringnya Sungai Efrat yang berubah menjadi gunung emas. Namun lokasi ditemukannya gunung emas sangat jauh dari Sungai Efrat.

Dalam suatu Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim, Rasulullah SAW bersabda: "Sudah dekat suatu masa (kiamat( di mana Sungai Efrat akan menjadi surut airnya, lalu tampak perbendaharaan daripada emas, maka barang siapa yang hadir di situ janganlah ia mengambil sesuatu pun daripada harta itu." (HR Bukhari dan Muslim).

Namun hanya Allah yang tahu kapan hari kiamat tiba. Allah sengaja merahasiakan terjadinya hari kiamat. Hal ini agar manusia senantiasa waspada terhadap segala kemungkinan seperti kematian. Kematian adalah sebuah kiamat kecil.

Berikut tanda akhir zaman dilansir Buku Tafsir Ilmi: Kiamat dalam Perspektif Al Quran dan Sains oleh Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama.

Hari Kiamat adalah hari akhir zaman. Selain itu juga hari kebangkitan sesudah mati yakni orang yang telah meninggal dihidupkan kembali untuk diadili perbuatannya.

Kepastian akan adanya Hari Kiamat berdasarkan firman Allah Surat Al Hajj ayat 7:

وَّاَنَّ السَّاعَةَ اٰتِيَةٌ لَّا رَيْبَ فِيْهَاۙ وَاَنَّ اللّٰهَ يَبْعَثُ مَنْ فِى الْقُبُوْرِ - ٧

"Dan sungguh, (hari) Kiamat itu pasti datang, tidak ada keraguan padanya; dan sungguh, Allah akan membangkitkan siapa pun yang di dalam kubur." (QS Al Hajj ayat 7).

Berikut Tanda-tanda Akhir Zaman atau Kiamat dilansir sumber yang sama:

1. Terbelahnya Bulan

Peristiwa terbelahnya bulan sudah terjadi pada saat Nabi Muhammad masih berada di Mekah. Kejadian ini merupakan jawaban atas tuntutan kaum musyrikin kepada Nabi untuk menunjukkan tanda-tanda kenabi- annya.

2. Munculnya Api dari Medinah

Munculnya api dari Medinah yang cahayanya bisa terlihat dari Kota Busra di Syam (Suriah). Dalam sebuah riwayat dijelaskan:

"Hari kiamat tidak akan tiba sampai ada api yang keluar dari tanah Hijaz, sehingga leher unta yang di Busra bisa terlihat. (Riwayat al- Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah).

3. Munculnya Dajal

Munculnya banyak Dajal yang mengaku nabi, baik pada saat Rasul masih hidup maupun setelah wafat. Dalam satu hadis disebutkan bahwa jumlahnya sekitar 30 orang. Namun Nabi tidak memerincinya satu per satu.

"Hari kiamat tidak akan datang sampai muncul banyak dajal sang pembohong, (jumlahnya) sekitar 30 orang dan semuanya mengaku sebagai utusan Allah. (HR Al-Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah).


4. Budak Perempuan Melahirkan Tuannya dan Banyaknya Bangunan Tinggi

Tanda akhir zaman ini telah dijelaskan sendiri oleh Nabi ketika ditanya tentang tanda-tanda kiamat. Nabi bersabda: "Ada budak perempuan melahirkan tuannya, dan engkau akan melihat banyak orang yang tadinya tidak memakai sandal, tidak memakai baju, penggembala kambing, berlomba meninggikan bangunan. (HR Al-Bukhari dan Muslim dari Umar bin Al-Khattab).

Ungkapan 'budak perempuan melahirkan tuannya', bisa diartikan secara hakiki, yaitu ketika banyak budak yang digauli pemiliknya, lalu melahirkan anak lelaki. Karena nasab anak lelaki mengikuti ayahnya maka jadilah dia tuan bagi ibunya sendiri yang masih berstatus budak.

Ungkapan ini juga bisa dimaknai secara metaforis, bukan hakiki, yaitu banyak orang yang mendurhakai ibu sendiri dan memperlakukannya seperti budaknya sendiri.

Secara garis besar hadis ini menggambarkan banyaknya hal-hal kontradiktif karena rusaknya akhlak di akhir zaman.

Adapun ungkapan banyaknya gedung yang tinggi telah tampak nyata dewasa ini. Banyak orang yang tadinya miskin, dari kampung, tidak memakai sandal dan baju, dan bekerja menggembalakan kambing, akhirnya mempunyai kekayaan yang melimpah.

5. Banyaknya Kebodohan dan Hilangnya Ilmu (Agama)

Fenomena ini dijelaskan dalam hadis berikut.

"Sesungguhnya sebelum hari kiamat datang, ada hari-hari di mana kebodohan akan marak, ilmu akan menghilang, dan pembunuhan merajalela. (HR Al-Bukhari dari Abu Musa dan Abdullah bin Mas'ud).

6. Diangkatnya Nabi Muhammad sebagai Rasul Akhir Zaman

Pesan ini menjelaskan bahwa kurun waktu antara Rasulullah dengan tibanya hari akhir itu sedemikian dekat. Beliau adalah nabi terakhir. Karenanya, antara dua peristiwa ini tidak ada lagi kejadian yang dianggap penting dalam kehidupan manusia.

Jarak antara keduanya sudah dekat, sedekat jarak antara jari telunjuk dan jari tengah. Namun demikian, tidak dijelaskan secara pasti kapan kiamat tiba, dan selang berapa lama setelah kenabiannya.

7. Keluar Makhluk yang Dapat Bicara

Diriwayatkan bahwa pada suatu hari Jibril bertanya kepada Rasulullah tentang kapan kiamat akan terjadi. Beliau menjawab: "Dan apabila perkataan (ketentuan masa kehancuran alam) telah berlaku atas mereka, Kami keluarkan makhluk bergerak yang bernyawa dari bumi yang akan mengatakan kepada mereka bahwa manusia dahulu tidak yakin kepada ayat-ayat Kami.

Kelak, ketika saat kehancuran alam tiba, Allah akan mengeluarkan makhluk (binatang melata) dari dalam bumi. Kepada manusia makhluk ini menegaskan ketidakpercayaan sebagian manusia kepada ayat-ayat Allah.

Makhluk ini mencerca dan memberi peringatan keras kepada orang-orang di sekitarnya. Bisa jadi ini dianggap tidak logis, namun tentu bukan mustahil terjadi.

Allah Mahakuasa untuk memberi kemampuan berbicara kepada binatang sehingga dapat dipahami manusia. Di dalam Al-Quran dikisahkan bagai- mana burung Hudhud dapat berkomunikasi dengan Nabi Sulaiman.

Hal yang mesti diperhatikan adalah kenyataan bahwa informasi yang terkandung dalam ayat di atas termasuk berita gaib yang mesti diyakini tanpa harus dicari-cari rincian detailnya.

8. Terbitnya Matahari dari Barat

Tanda akhir zaman atau kiamat yang pertama kali terjadi adalah terbitnya matahari dari barat dan keluarnya binatang melata kepada manusia pada pagi hari.

"Bila salah satu dari dua peristiwa ini terjadi, maka yang berikutnya akan segera menyusul sesudahnya. (HR Muslim dari Abdullāh bin Amr).

Terbitnya matahari dari barat adalah hal yang mustahil. Namun, ketika keadaan alam semesta mengalami goncangan dahsyat yang menyebabkan planet-planet, termasuk bumi, bertebaran dan bergerak liar karena rotasi masing-masing sudah tidak lagi teratur, maka kemungkinan terbitnya matahari dari barat bukan sesuatu yang mustahil.

Demikian pula halnya dengan binatang yang keluar dari bumi. Dalam kaitan ini tidak disebutkan seberapa besar hewan tersebut dan bagaimana keadaan lubangnya. Semua itu merupakan berita gaib yang tidak ada penjelasannya secara rinci, namun harus diimani.

(nwy/erd)