Dongkrak Bisnis UMKM, Kementan Buka Gerai Pangan Lokal di Bogor

Jihaan Khoirunnisaa - detikFinance
Sabtu, 10 Apr 2021 10:52 WIB
BKP Kementan
Foto: Kementan
Jakarta -

Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Badan Ketahanan Pangan (BKP) meresmikan gerai pangan lokal di Bogor beberapa waktu lalu. Pembukaan gerai pangan lokal yang merupakan kerja sama BKP dan Badan Litbang Pertanian ini dimaksudkan untuk memperkuat aksesibilitas pangan lokal bagi masyarakat.

"Sebagai bagian dari gerakan diversifikasi pangan, kita bersinergi dengan Litbang melalui Gerai Pangan Lokal ini, ini tugas kita bersama sebagai tim satgas diversifikasi pangan," ujar Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementan, Agung Hendriadi dalam keterangan tertulis, Sabtu (10/4/2021)

Seperti diketahui, guna mendorong gerakan diversifikasi pangan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo telah membentuk tim satgas diversifikasi pangan yang bertugas memastikan implementasi strategi diversifikasi pangan yang mencakup tiga aspek, yaitu peningkatan produksi, penguatan aksesibilitas, dan kampanye edukasi pangan lokal.

"Tiga strategi ini kita terus terapkan dengan tujuan untuk menurunkan konsumsi beras kita menjadi 85 kg per kapita per tahun di tahun 2024," jelas Agung.

Lebih lanjut Agung mengatakan keberadaan gerai pangan lokal merupakan upaya untuk memperkuat aksesibilitas pangan sekaligus mengembangkan UMKM pangan lokal melalui pola kemitraan.

"UMKM pangan lokal ini mesti kita dongkrak agar mampu bersaing dengan cara kita fasilitasi di gerai pangan lokal. Tidak hanya itu, kita juga mendorong UMKM pangan lokal untuk masuk ke marketplace," terangnya.

Diungkapkannya, ke depan gerai pangan lokal ini akan terus dikembangkan di berbagai daerah. Dengan begitu diharapkan masyarakat semakin mudah mengakses pangan lokal.

Hal senada juga disampaikan Kepala Balai Besar Pascapanen Badan Litbang Pertanian, Prayudi Syamsuri. Dia menyebut gerai pangan lokal ini menjadi sarana untuk mempertemukan produk pangan lokal dengan konsumen. Dia berharap melalui produk pangan lokal yang inovatif serta kemasan menarik mampu meningkatkan minat masyarakat dalam mengonsumsi pangan lokal.

Di tempat terpisah, Wakil Wali Kota Bogor Dedie A. Rachim memberikan apresiasi atas pembukaan gerai pangan lokal. Dia juga mengajak masyarakat Bogor dan sekitarnya untuk berbelanja aneka pangan lokal di gerai ini.

Untuk diketahui, Gerai Pangan Lokal yang berlokasi di Balai Pengelola Alih Teknologi Pertanian (BPATP) Taman Kencana Bogor ini di-launching bersamaan dengan Pasar Mitra Tani.

(ncm/ara)