Jokowi: Pemerintah Sebetulnya Tidak Suka Impor Beras, tapi...

Danang Sugianto - detikFinance
Rabu, 21 Apr 2021 11:56 WIB
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan bahwa pemerintah sebenarnya tidak ingin melakukan impor beras. Swasembada masih menjadi tujuan utama yang ingin dicapai.

Namun, lanjut Jokowi, terkadang keinginan itu dibenturkan dengan data produksi. Sehingga mau tidak mau impor beras dilakukan.

"Pemerintah sebetulnya tidak senang dan tidak suka yang namanya impor beras. Tapi karena hitung-hitungan, banyak yang kena banjir, kemudian pandemi. Kadang-kadang memang hitung-hitungan kalkulasi itu waduh ini kurang. Sehingga perlu tambahan untuk cadangan," ucapnya saat melakukan kunjungan ke Indramayu dilansir dari akun Youtube Sekretariat Presiden, Rabu (21/4/2021).

Meski begitu, Jokowi sudah menegaskan bahwa tidak akan ada impor beras sampai Juni 2021. Pernyataannya saat itu juga untuk mengakhiri polemik rencana impor 1 juta ton beras.

Hari ini dia juga berjanji akan menutup keran impor beras sampai akhir tahun ini. Namun ada syaratnya, produksi harus mencukupi.

"Kemarin sudah kita putuskan bahwa sampai Juni tidak ada impor. Insya Allah nanti sampai akhir tahun, kalau kita tahan produksinya bagus, berarti juga tidak akan impor," ujarnya.

(das/ang)