Erick Thohir Tunjuk Kaharuddin Djenod Jadi Dirut PT PAL

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Rabu, 21 Apr 2021 19:56 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir mengikuti rapat kerja dengan Komisi VI DPR RI, Jakarta, Kamis (18/03/2021). Rapat tersebut membahas pembentukan Holding BUMN Ultra Mikro.
Foto: Rengga Sencaya
Jakarta -

Menteri BUMN Erick Thohir merombak direksi PT PAL Indonesia (Persero). Hal tersebut tertuang dalam Surat Keputusan Menteri BUMN Nomor: SK-123/MBU/04/2021 tanggal 21 April 2021 tentang Pemberhentian, Perubahan Nomenklatur Jabatan, dan Pengangkatan Anggota-Anggota Direksi Perusahaan Perseroan (Persero) PT PAL Indonesia (Persero).

Dikutip dari laman perusahaan, Rabu (21/4/2021), lewat surat tersebut Kementerian BUMN memberhentikan Budiman Saleh dari direktur utama. Kemudian, Direktur Rekayasa Umum & Harkan Sutrisno dan Direktur Pembangunan Kapal Turitan diberhentikan dengan hormat dengan periode masa tugas yang telah usai.

"Jadi kepada Bapak Budiman Saleh, Bapak Sutrisno dan Bapak Turitan Indaryo Kami sampaikan ucapan terima kasih atas sumbangan pikiran dan tenaga selama menjabat sebagai direksi perseroan. Kami berharap dengan adanya penunjukan posisi direksi ini akan membuat PAL menjadi perusahaan berkelas dunia yang mampu bersaing di pasar global," ujar Sekretaris Perusahaan PAL Indonesia, Rariya Budi Harta.

Erick Thohir kemudian menunjuk Kaharuddin Djenod Daeng Manyambeang sebagai direktur utama. Lalu juga memutuskan untuk mengubah nomenklatur jabatan direktur rekayasa umum, pemeliharaan dan perbaikan menjadi direktur pemeliharaan dan perbaikan yang kini dijabat Kuntjoro Pinardi.

Sementara itu, nomenklatur direktur pembangunan kapal diubah menjadi direktur produksi yang kini dijabat Iqbal Fikri.

"Atas nama keluarga besar PT PAL Indonesia (Persero) Kami mengucapkan terima kasih kepada dewan direksi yang telah menjabat atas dedikasi untuk memberikan kontribusi dan integritas yang tinggi sehingga dapat membawa perusahaan tren positif selama tiga tahun belakangan," ujarnya.

Berikut susunan direksi PAL Indonesia:

Direktur Utama: Kaharuddin Djenod Daeng Manyambeang

Direktur Pemeliharaan dan Perbaikan: Kuntjoro Pinardi

Direktur Produksi: Iqbal Fikri

Direktur Keuangan: Irianto :

Direktur SDM & Umum: Etty Soewardani

(acd/fdl)