Selain THR, Pemerintah Juga Guyurkan Bansos Sebelum Lebaran

Anisa Indraini - detikFinance
Jumat, 23 Apr 2021 13:41 WIB
Ilustrasi THR
Ilustrasi (Muhammad Ridho/detikcom)
Jakarta -

Pemerintah memutuskan mempercepat pemberian tunjangan hari raya (THR) kepada PNS mulai H-10 Lebaran. Penyaluran bantuan sosial (bansos) juga akan dilakukan sebelum Lebaran untuk mendorong konsumsi.

Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara mengatakan bansos yang akan dipercepat penyalurannya yakni Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), dan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa.

"Kita minta untuk segera dijalankan yang bulan ini dan bulan depan agar segera diterima oleh masyarakat," katanya dalam konferensi pers APBN KiTa edisi April 2021, Kamis (22/4/2021) kemarin.

Pemerintah juga akan mengkampanyekan saling mengirim bingkisan pada saat hari belanja online nasional (Harbolnas) menjelang Lebaran. Dengan begitu, meski ada larangan mudik, masyarakat tetap bisa berbagi satu sama lain.

"Juga yang tadi yang semacam Harbolnas jadi kita ingin mengkampanyekan supaya meskipun tidak mudik tapi bisa mengirimkan bingkisan," ujarnya.

Dalam hal itu pemerintah akan kerja sama dengan berbagai platform e-commerce untuk bisa mengirimkan kiriman atau bingkisan sehingga bisa sampai tujuan sebelum Lebaran. Barang-barang yang mendapatkan gratis ongkir dari program Harbolnas ini harus produk buatan dalam negeri.

"Meskipun tidak mudik tapi bisa mengirimkan bingkisan dan nanti platform akan bekerja sama untuk mengirimkan kiriman atau bingkisan sehingga bisa sampai di kerabat keluarga, teman sebelum hari Lebaran," imbuhnya.

Tonton Video: Airlangga Pastikan Pekerja Dapat THR Dibayar Penuh Minimal H-7

[Gambas:Video 20detik]



(aid/ara)