Daftar 55 Stasiun Kereta Penyedia Layanan Tes GeNose C19

Soraya Novika - detikFinance
Kamis, 29 Apr 2021 12:53 WIB
Calon penumpang mengantre untuk melaksanakan tes GeNose C19 di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Senin (26/4/2021). Satuan Tugas Penanganan COVID-19 mengeluarkan aturan baru terkait pengetatan syarat berlaku hasil tes COVID-19 untuk Pelaku Perjalanan Dalam Negeri (PPDN) dengan mewajibkan mereka untuk menunjukkan hasil negatif RT-PCR/rapid test antigen dengan sampel yang diambil maksimal 1 x 24 jam sebelum keberangkatan, atau surat keterangan hasil negatif tes GeNose C19 sebelum keberangkatan di bandara, pelabuhan, stasiun maupun rest area.
Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Tes COVID-19 lewat embusan napas dengan alat GeNose C19 diperluas ke lebih banyak stasiun. Mulai Kamis (29/4/2021), tes GeNose 19 diperluas ke Stasiun Bojonegoro. Dengan begitu, kini ada 55 stasiun yang melayani tes GeNose C19 di seluruh Indonesia.

"Kami terus menghadirkan peningkatan pelayanan bagi masyarakat yang bepergian dengan menggunakan transportasi kereta api sesuai dengan protokol kesehatan dan aturan yang ditetapkan pemerintah," ujar VP Public Relations KAI Joni Martinus dalam keterangan resminya yang diterima detikcom, Kamis (29/4/2021).

Adapun ke-55 stasiun tersebut adalah Stasiun Gambir, Pasar Senen, Bekasi, Bandung, Kiaracondong, Tasikmalaya, Banjar, Cirebon, Cirebon Prujakan, Jatibarang, Semarang Tawang, Semarang Poncol, Tegal, Pekalongan, Cepu, Purwokerto, Kutoarjo, Kroya, Kebumen, Gombong, Sidareja, Yogyakarta, Solo Balapan, Lempuyangan, Purwosari, Klaten, Wates, Madiun, Jombang, dan Blitar.

Lalu, kemudian Stasiun Kediri, Tulungagung, Kertosono, Nganjuk, Surabaya Pasarturi, Surabaya Gubeng, Malang, Sidoarjo, Lamongan, Mojokerto, Jember, Ketapang, Probolinggo, Kalisetail, Kertapati, Prabumulih, Muara Enim, Lahat, Tebing Tinggi, Lubuk Linggau, Tanjungkarang, Kotabumi, Baturaja, Martapura, dan Bojonegoro.

Tes GeNose C19 di stasiun-stasiun tersebut bisa diperoleh dengan cukup membayar Rp 30 ribu. Selain itu, ada syarat lain yang harus dipenuhi untuk melakukan pemeriksaan GeNose C19 di stasiun.

Pertama, calon penumpang harus memiliki tiket atau kode booking KA Jarak Jauh yang sudah lunas. Kedua, tidak boleh merokok, makan, minum (kecuali air putih) selama 30 menit sebelum melaksanakan tes.

Adapun untuk masa berlakunya hasil tes GeNose C19 tersebut adalah maksimal 1x24 jam sejak pengambilan sampel.

Joni menegaskan, pihaknya senantiasa memastikan seluruh mitra pelaksana pemeriksaan Screening COVID-19 di stasiun, baik melalui GeNose C19 maupun dengan Rapid Test Antigen. Dipastikan selalu bekerja sesuai SOP yang telah ditetapkan dari mulai pemeriksaan hingga pengelolaan limbah.

"Masyarakat tidak perlu ragu untuk melakukan screening COVID-19 di stasiun karena kami terus berkoordinasi dengan mitra untuk selalu profesional serta menjaga mutu dan kualitas yang diberikan bagi pelanggan KAI, kami melindungi pelanggan dengan penegakan protokol kesehatan yang ketat, tuturnya.

Info selengkapnya terkait pemeriksaan GeNose C19 di Stasiun, dapat menghubungi Customer Service, Contact Center KAI melalui telepon di 021-121, WhatsApp KAI121 di 08111- 2111-121, emailcs@kai.id, atau media sosial KAI121.

Simak Video: Daftar 54 Stasiun yang Kini Layani GeNose C19

[Gambas:Video 20detik]



(eds/eds)