Yes! Beli Produk Lokal di e-Commerce Gratis Ongkir

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Jumat, 30 Apr 2021 17:03 WIB
Ilustrasi belanja online
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) bersama member dan pelaku industri e-commerce Hari Bangga Buatan Indonesia (BBI) 2021.

Ketua Umum idEA, Bima Laga mengungkapkan acara ini akan mengutamakan program gratis ongkos kirim untuk transaksi di platform peserta yang bisa dilihat di www.banggabuatanindonesia.co.id.

Dia mengungkapkan, promo gratis ongkos kirim ini akan sepenuhnya ditanggung platform peserta Hari BBI 2021. Kemudian pemerintah mendukung program ini melalui sosialisasi, edukasi ke masyrakat melalui berbagai kanal promosi yang sudah disepakati.

"Ini merupakan wujud nyata gotong royong dan kepedulian industri e-commerce dan pemerintah terhadap kondisi saat ini yang memang membutuhkan beragam usaha urun pemikiran dan upaya dalam memperbaiki kondisi perekonomian masyarakat," kata Bima, dalam keterangannya, Jumat (30/4/2021).

Bima juga meluruskan berita yang beredar bahwa pemerintah yang menanggung ongkos kirim. Padahal ongkos kirim sepenuhnya menjadi tanggung jawab platform e-commerce yang mengikuti acara ini.

"Bentuk dukungan pemerintah diwujudkan menyiapkan segala bentuk edukasi dan sosialisasi Program Hari BBI 2021 di berbagai media komunikasi yang ada," jelas dia.

Hari BBI 2021 ini digelar pada 5-13 Mei 2021 dan sudah ada 70 platform peserta. Selain promo gratis ongkos kirim, Hari BBI 2021 juga memfasilitasi platform e-commerce yang memberikan promo potongan harga atau cashback.

Dia mengharapkan program ini bisa membantu konsumen dalam memenuhi kebutuhannya selama Ramadhan dan menjelang Idul Fitri mendatang.

Bima menjelaskan agenda ini diharapkan bisa mendukung pelaku usaha lokal dan UMKM untuk bisa berjaya di negeri sendiri.

Kemudian konsumen juga diharapkan bisa lebih bangga dengan membeli dan menggunakan produk dalam negeri.

Menurut dia kualitas produk dalam negeri juga sudah tidak kalah dengan brand asing yang terkenal saat ini. Kemudian hal ini juga diharapkan bisa mengembalikan kondisi ekonomi seluruh masyarakat Indonesia agar lebih cepat pulih.

(kil/dna)