Perhitungan THR PNS 2021

Novia Aisyah - detikFinance
Sabtu, 01 Mei 2021 03:00 WIB
THR
Foto: Dok. detikcom
Jakarta -

THR PNS 2021 berdasarkan penjelasan terbaru dari Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, akan mengalami penyesuaian dari segi jumlah yang akan diterima. Penyesuaian jumlah ini didasarkan pada kondisi pandemi COVID-19 yang masih mendera.

Maka, pada tahun ini cara menghitung THR yang diberikan pada PNS adalah dari akumulasi gaji pokok serta beberapa tunjangan melekat, tanpa disertai tunjangan kinerja (tukin).

Pada konferensi pers yang dilakukan hari Kamis kemarin (29/04/2021), Sri Mulyani mengungkapkan bahwa pemberian THR akan seperti tahun kemarin, 2020, ketika pandemi mulai melanda.

Pandemi COVID-19 yang masih melanda membuat pemerintah masih membutuhkan APBN untuk menangani wabah serta mendukung masyarakat yang membutuhkan.

"Oleh karena itu pada 2021 pemerintah memutuskan pemberian THR dilakukan seperti pada tahun 2020 yaitu dalam bentuk gaji pokok dan tunjangan melekat," ujar Sri Mulyani.

Besaran THR PNS di tahun ini tertuang dalam Nota Dinas Kementerian Keuangan Nomor ND-134/PB/2021.

Berdasarkan nota tersebut, perhitungan THR PNS 2021 merujuk dari penambahan gaji pokok (gapok), tunjangan keluarga, tunjangan pangan, dan tunjangan jabatan atau tunjangan umum.

Ada 22 tunjangan dan insentif yang tidak disertakan dalam THR PNS 2021. Daftar 22 tunjangan dan insentif tersebut adalah:

1. Tunjangan kinerja (tukin)
2. Insentif kerja
3. Insentif kinerja
4. Tunjangan pengelolaan arsip statis (untuk PNS di wilayah kerja Arsip Nasional)
5. Tunjangan bahaya radiasi (untuk PNS di wilayah kerja Badan Pengawas Tenaga Nuklir)
6. Tunjangan bahaya radiasi (untuk pekerja radiasi)
7. Tunjangan risiko bahaya keselamatan dan kesehatan dalam penyelenggaraan pencarian dan pertolongan (untuk PNS di wilayah kerja Badan Search And Rescue Nasional)
8. Tunjangan risiko bahaya keselamatan dan kesehatan dalam penyelenggaraan persandian.
9. Tunjangan pengamanan persandian
10. Tunjangan profesi
11. Tunjangan pengamanan persandian
12. Tunjangan khusus guru dan dosen atau tunjangan kehormatan
13. Tambahan penghasilan bagi guru PNS
14. Insentif khusus
15. Tunjangan khusus provinsi Papua
16. Tunjangan khusus wilayah pulau kecil terluar
17. Tunjangan khusus wilayah pulau kecil terluar dan/atau wilayah perbatasan (untuk PNS pada kepolisian yang bertugas secara penuh pada wilayah pulau kecil terluar dan/atau wilayah perbatasan)
18. Tunjangan pengabdian bagi PNS yang bekerja dan bertempat tinggal di daerah terpencil
19. Tunjangan operasi pengamanan bagi TNI dan PNS yang bertugas dalam operasi pengamanan pada pulau kecil terluar
20. Tunjangan selisih penghasilan bagi PNS di lingkungan Sekretariat Jenderal Majelis Permusyawaratan Rakyat Sekretariat Jenderal DPR dan Badan Keahlian, serta Sekretariat Jenderal DPR
21. Tunjangan penghidupan luar negeri bagi PNS, TNI, dan Polri
22. Tunjangan yang ditetapkan peraturan internal instansi pemerintah atau dengan sebutan lain di luar ketentuan komponen THR yang diberikan.

Klik halaman selanjutnya untuk perhitungan THR pekerja non PNS