Beralih ke Online, UMKM Fesyen Asal Jepara Ini Jual 350 Produk/Hari

Jihaan Khoirunnisaa - detikFinance
Jumat, 07 Mei 2021 23:08 WIB
Shopee
Foto: Shopee
Jakarta -

Pandemi Corona membawa dampak besar bagi kelangsungan bisnis usaha mikro, kecil & menengah (UMKM). Agar bisa bertahan, para pelaku usaha harus cepat beradaptasi dengan keadaan.

Salah satunya dengan memanfaatkan platform digital untuk berjualan online. Seperti halnya yang dilakukan Toha, pengusaha asal Jepara dengan brand fesyen muslimnya bernama Bilbarkah.

Toha mengaku awalnya dia dan sang istri hanyalah reseller produk busana muslim yang mengandalkan metode penjualan secara offline. Dia melayani pesanan skala kecil dari rumah dan menggunakan sistem cash on delivery atau COD. Dalam seminggu Toha menyebut dapat menjual satu sampai dua produk saja.

Kemudian Toha melihat adanya peluang besar digitalisasi bisnis. Ditambah dengan tingginya minat masyarakat terhadap produk jilbab sehingga muncul ide untuk membuka bisnis secara online.

Dia pun bergabung dan membuka toko Bilbarkah di Shopee pada 2018. Dengan harapan pembeli dari seluruh daerah dapat dengan mudah mengakses produk Bilbarkah dan meningkatkan penjualan bisnisnya.

Siapa sangka keputusan tersebut menjadi awal keberhasilan Toha. Dia kini sukses memproduksi jilbab dan busana muslim sendiri dengan menggandeng perajin lokal di Jepara.

Diungkapkan Toha sejak bergabung di Shopee, penjualan tokonya meningkat pesat. Terlebih di bulan suci Ramadhan, jumlah pesanan meningkat 2 kali lipat hingga 350 pesanan setiap hari.

Toha menjelaskan larisnya penjualan ini didorong oleh tingginya minat beli masyarakat terhadap fesyen muslim. Selain itu dia menyebut naiknya performa penjualan Bilbarkah tidak lepas dari deretan program yang diberikan Shopee, seperti program Gratis Ongkir, Voucher Cashback, Flash Sale dan lainnya.

"Berbagai program dan inisiatif yang dihadirkan oleh Shopee telah terbukti sangat membantu perkembangan bisnis toko Bilbarkah secara maksimal. Saya memanfaatkan sendiri berbagai fitur yang ada di Shopee untuk memaksimalkan penjualan," ujar Toha dalam keterangan tertulis, Jumat (7/5/2021).

"Khususnya di bulan Ramadhan bulan ini, saya melihat antusiasme konsumen cukup tinggi dan ternyata produk kami diterima sangat baik oleh masyarakat luar," imbuhnya.

Toha mengatakan dari yang hanya memiliki 1 karyawan saja, lambat laun dia sudah membantu mempekerjakan hingga 11 karyawan untuk membantu operasional toko Bilbarkah.

Meski bisnisnya sudah kian berkembang, Toha tak lantas tinggal diam. Dia masih terus berupaya untuk menaikkan kelas sekaligus memperbesar jangkauan pasar dari Bilbarkah dengan ikut dalam program Ekspor Shopee di tahun 2020.

Toha merasa ini adalah kesempatan yang luar biasa untuk produk Bilbarkah go international dan bisa dibeli oleh masyarakat luar negeri. Lewat program Ekspor, Shopee memberikan pendampingan hingga Toha berhasil melakukan ekspor produk pertamanya ke Malaysia.

"Di bulan Ramadhan ini, produk pasmina, bergo jumbo, jilbab instan dan produk berbahan diamond paling banyak terjual di Program Ekspor Shopee. Saya berkesempatan untuk mengikuti Program Ekspor Shopee yang merupakan peluang luar biasa bagi bisnis saya," katanya.

Selain Malaysia, kini produk fashion muslim dari toko Bilbarkah sudah menembus berbagai negara, mulai dari Singapura, Malaysia, Filipina, Thailand hingga Vietnam. Namun, mayoritas pasar ekspor Bilbarkah berasal dari Malaysia dan Singapura.

"Awalnya, saya tidak membayangkan bahwa produk toko Bilbarkah bisa dibeli oleh masyarakat luar negeri, namun nyatanya kini produk kami secara aktif diekspor ke berbagai negara tujuan Program Ekspor Shopee," tuturnya.

Diakui Toha, program Ekspor Shopee telah membantu dirinya dalam mengembangkan bisnis. Hal ini terlihat dengan penjualan ekspor Bilbarkah yang mencapai hampir 50 pesanan setiap hari. Menurutnya ini merupakan pencapaian yang luar biasa.

Untuk menggaet konsumen dari luar negeri, Toha memanfaatkan promo seperti Flash Sale dalam mempromosikan produk Bilbarkah. Dia menilai promo Flash Sale ini ampuh untuk menarik minat konsumen agar mau membeli produk karena harganya yang relatif murah.

"Kini, produk Bilbarkah sudah menjangkau pasar internasional dan sudah banyak dibeli masyarakat luar negeri dan saya bangga akan hal itu karena produk penjual UMKM asal Jepara ternyata bisa go global. Tentunya, saya merasa sangat senang dengan dukungan Shopee bagi penjual UMKM, semoga ke depannya Shopee selalu memberikan inovasi dan program yang tidak kalah menarik untuk dimanfaatkan para pelaku usaha lokal lainnya," tandasnya.

Dia menuturkan, ke depan Bilbarkah akan terus berupaya untuk meningkatkan bisnis melalui penambahan kategori produk-produk baru baik untuk konsumen di Indonesia maupun luar negeri.



Simak Video "Handhika Jahja: Milenial di Balik Kemudi Raksasa E-Commerce Indonesia "
[Gambas:Video 20detik]
(fhs/hns)