Ingat Ya! Barang Tak Sesuai saat COD, Marahnya Jangan ke Kurir

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Senin, 17 Mei 2021 13:26 WIB
Jelang lebaran, jasa pengiriman barang semakin meningkat. Pengiriman paket motor via kereta api mengalami kenaikan dua kali lipat.
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres Indonesia (Asperindo) buka suara soal kejadian viral kurir diamuk emak-emak saat melakukan pembayaran belanja online dengan metode cash on delivery alias COD.

Menurut Ketua Umum Asperindo Mohammad Feriadi dalam metode COD kurir hanya mengantar paket yang berisi barang pembelian, memastikan paketnya aman sampai tujuan, dan menerima pembayaran. Masalah kualitas barang seperti apa bukan urusan kurir.

"Pemilihan jenis pembayaran adalah keputusan pembeli, itu pilihan dari marketplace. Kurir hanya mengantar barang yang dibeli, artinya kurir tentu tidak mengetahui barang itu cocok dengan yang dilihat pembeli atau berbeda. Seringkali masyarakat mengira kurir tahu isi barangnya, tapi itu bukan ranah kurir," ungkap Feriadi kepada detikcom, Senin (17/5/2021).

"Apabila kemudian ditemukan barang tidak sesuai tentu ini menjadi tanggung jawab penjual bukan kurir," lanjutnya.

Dia menyebutkan bila ada masalah pada kualitas barang bukan salah kurir, dan tidak seharusnya kurir diamuk. "Kalau ada masalah, jangan salahkan kurir, komplain dialamatkan ke penjualnya lah atau marketplace-nya," katanya.

Feriadi mengatakan sebetulnya model pembayaran COD sendiri dibuat karena banyak masyarakat yang belum memiliki akses ke lembaga keuangan.

Entah itu, belum punya rekening di bank ataupun akun kartu kredit. Maka dari itu, dia mengatakan model COD dibuat untuk memudahkan pembayaran.

"COD itu layanan Cash On Delivery atau bahasa sederhananya ada uang ada barang. Layanan ini banyak diminati dan dibuat awalnya karena banyak masyarakat yang tidak memiliki kartu kredit atau rekening bank. Makanya mereka mempersiapkan uang tunai pas barang datang," ungkap Feriadi.

Tonton juga Video: Customer yang Todongkan Pistol ke Kurir di Bogor Diamankan

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2