Luhut Sempat Ketemu Dubes Arab Saudi, Upayakan RI Dapat Kuota Haji

Tim detikcom - detikFinance
Kamis, 03 Jun 2021 13:02 WIB
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan
Foto: KEMENKO MARVES
Jakarta -

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan bertemu dengan Dubes Arab Saudi, Esam Althagafi. Putri mendiang Abdurrahman Wahib (Gus Dur), Yenny Wahid juga hadir dalam pertemuan ini.

Dalam cuitannya, Yenny menjelaskan bahwa pertemuan bertujuan agar Indonesia mendapat kuota haji 2021.

"Mendampingi dubes Saudi, YM Esam AtThagafi dlm pertemuan dgn menkomarinves. Doakan ya teman2 agar perjuangan kita untuk mendapatkan kuota haji thn 2021 bagi jamaah Indonesia bisa tercapai," tulisnya seperti dikutip Kamis (3/6/2021).

Yenny mencuit Rabu (2/6) kemarin.

Sedangkan Kementerian Agama akan mengumumkan nasib ibadah haji 2021 hari ini.

"Bersama seluruh anggota Komisi VIII tadi sudah bicara, mendiskusikan pelaksanaan ibadah mulai A sampai Z," kata Menag Yaqut Cholil Qoumas, usai rapat tertutup di kompleks gedung MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (2/6/2021) kemarin.

"Kita ambil kesimpulan karena harus ada yang kita tata terlebih dahulu. Insyaallah besok siang akan kami umumkan secara resmi di kantor Kemenag di Thamrin," sambungnya.

Sebelumnya diberitakan Arab News, pemerintah Arab Saudi mengizinkan visa turis dari 11 negara sejak 30 Mei. Ini diputuskan langsung oleh Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi.

Negara-negara yang sudah diperbolehkan masuk adalah Uni Emirat Arab (UEA), Jerman, Amerika Serikat, Irlandia, Italia, Portugal, Inggris, Swedia, Swiss, Prancis, dan Jepang. Turis-turis ini akan menjalankan prosedur karantina kelembagaan melalui maskapai penerbangan begitu tiba di Arab Saudi.

(ara/ang)