Pensiunan PNS Didorong Jadi Pengusaha, Begini Caranya

Aulia Damayanti - detikFinance
Senin, 07 Jun 2021 16:52 WIB
Hari ini para PNS Pemprov DKI Jakarta mulai beraktivitas normal. Tingkat absensi pada hari pertama masuk kerja hadir 100 persen.
Ilustrasi/Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Pensiunan Aparatur Sipil Negara (ASN) dan termasuk PNS didorong menjadi pengusaha. PT Taspen (Persero) mengadakan pelatihan program wirausaha untuk mendorong pensiunan PNS berwirausaha.

Para pensiunan ASN nantinya diharapkan bisa lebih memperhatikan kesejahteraan dan kelangsungan hidup di hari tua. Pelatihan digelar di Hilton Bali Resort dan menyasar kepada 150 ASN aktif dan yang akan pensiun dari sejumlah kantor dinas di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Badung.

"Program Wirausaha Pintar merupakan bentuk layanan extra miles dari TASPEN kepada para ASN dan pensiunan guna memperhatikan kesejahteraan dan kelangsungan hidup ASN di hari tua," kata Kepala Unit PKBL Taspen Kuspriyani dalam keterangannya, Senin (7/6/2021).

Para ASN dan pensiunan diberikan pembekalan selama pelatihan. Selain itu, dengan program itu diharapkan bisa membuka lapangan pekerjaan baru.

"Tujuan dari program ini adalah memberikan pemahaman dan membuka mindset serta minat ASN terhadap wirausaha melalui pembekalan-pembekalan guna mempersiapkan ASN menghadapi masa purna tugas. Program ini diharapkan membawa dampak terhadap terbukanya lapangan kerja baru sebagai sarana pemberdayaan masyarakat di lingkungan sekitarnya, sehingga kesejahteraan tidak hanya dinikmati oleh ASN/pensiunan tetapi juga oleh masyarakat setempat," jelasnya.

Selain mendapat pembekalan, diharapkan wawasan para ASN dan calon pensiunan dapat terbuka sehingga dapat mengetahui usaha yang cocok dan sesuai dengan hobi dan keseharian kehidupan mereka. Tidak hanya sampai pelatihan saja, ASN dan pensiunan ASN akan dilakukan pendampingan agar usahanya tetap berlanjut.

"Kegiatan Pelatihan ini tidak hanya berhenti sampai di sini saja, Kami juga akan melakukan pendampingan kepada para ASN yang akan berwirausaha dan kepada seluruh mitra binaan milik Taspen. Secara berkelanjutan, Taspen akan bersinergi dengan Bank Mantap dalam hal permodalan usaha ASN ini," turu Kuspriyani.