Ada Tol Laut, Kontainer Beras Wira-wiri Merauke ke Jayapura

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Senin, 14 Jun 2021 16:35 WIB
Tol Laut
Foto: Kemenhub
Jakarta -

Biaya transportasi di Merauke sangat tinggi dan menyebabkan tidak terserapnya beras. Namun dengan layanan Tol Laut pada trayek T-19 lintas Papua di voyage ke-6 KM Logistik Nusantara 2 bisa mengangkut 56 kontainer beras dari Merauke setelah sebelumnya pada voyage ke 5 yang mengangkut 19 kontainer unggulan.

Trayek T-19 ini sukses menjawab persoalan pendistribusian beras di Papua - Papua Barat. Adapun muatan voyage ke-6 ini merupakan yang terbanyak sepanjang keberadaan Tol Laut dengan Trayek T-19 tersebut.

"Pada voyage ke-6 ini angkutan Tol Laut trayek T-19 mengangkut 56 kontainer yang berisi komoditi unggulan beras dari Kabupaten Merauke," kata Kepala KSOP Kelas II Jayapura Taher Laitupa dalam siaran pers, Senin (14/6/2021).

Dia menyebutkan sejak adanya rute T-19, arus penyaluran logistik khususnya beras ke seluruh wilayah di Papua dan Papua Barat menjadi lebih efisien. Pasalnya, jalur trayek tidak lagi ke wilayah Jawa, melainkan khusus hanya di Papua - Papua Barat.

Adapun Trayek T-19 ini berpangkal di Merauke, rutenya meliputi Merauke - Kokas - Sorong - Korido - Depapre (Jayapura) - Sorong - Merauke dan dilayani kapal KM Logistik Nusantara 2 yang mulai beroperasi awal tahun ini.

"Dari 56 kontainer beras tersebut, sebanyak 24 kontainer beras dikirim ke Kabupaten Jayapura melalui Pelabuhan Depapre dan tiba pada 9 Juni 2021," jelas dia.

Kemudian layanan Tol Laut trayek T-19 setiap voyage mengalami peningkatan dan pada voyage ke-6 ini peningkatannya sangat signifikan. Sebanyak 56 kontainer berisi komoditi unggulan Kabupaten Merauke, yaitu beras diangkut dan didistribusikan ke wilayah Papua dan Papua Barat, salah satunya adalah ke Pelabuhan Depapre untuk didistribusikan ke Kabupaten Jayapura.

"Karena Pelabuhan Depapre ini merupakan penyokong bagi jalur distribusi logistik di daerah hinterland yang mencakup 14 kabupaten di Provinsi Papua," jelas dia.