BUMN Muda Siap Kawal Rencana Erick Thohir soal Anak Muda Pimpin BUMN

Yudistira Perdana Imandiar - detikFinance
Selasa, 15 Jun 2021 00:00 WIB
FHCI
Foto: FHCI
Jakarta -

Komunitas generasi muda di lingkungan BUMN bernama BUMN Muda telah diresmikan. Komunitas ini dibuat guna menyatukan dan menguatkan peran talenta muda potensial dari seluruh BUMN sebagai penggerak transformasi BUMN menjadi korporasi profesional berkelas dunia.

BUMN Muda berada di bawah naungan Forum Human Capital Indonesia (FHCI) yang menjadi mitra strategis Kementerian BUMN dalam transformasi dan pengembangan human capital di BUMN. Komunitas BUMN Muda menjadi wadah bagi generasi muda insan BUMN untuk menyatukan gagasan, mengembangkan potensi, serta meningkatkan kompetensi agar berkontribusi aktif sebagai agen perubahan dan pemimpin generasi baru di BUMN di masa kini, dan mendatang.

Ketua BUMN Muda Soleh Ayubi menuturkan pembentukan BUMN Muda sejalan dengan agenda dan target transformasi human capital yang ditetapkan Menteri BUMN Erick Thohir untuk meningkatkan persentase generasi muda di bawah 42 tahun di jajaran BoD dan BoD-1 BUMN sebanyak minimal 5% pada tahun ini dan 10% di tahun 2023.

"Komitmen Menteri BUMN Erick Thohir ini merupakan game changer di BUMN. Bersama FHCI, BUMN Muda siap mengawalnya, dan menjadi support system serta mitra strategis agar insan muda BUMN bisa berkiprah sebagai agen perubahan, dan pemimpin generasi baru yang berlandaskan core values AKHLAK," jelas Soleh dikutip dalam keterangan tertulis, Senin (14/6/2021).

Soleh menambahkan BUMN Muda akan memfokuskan kegiatannya untuk membangun kepemimpinan, interpersonal, mentoring, dan pengembangan keterampilan.

"Dengan puncak bonus demografi pada tahun 2030 dan lebih dari 72% SDM BUMN dari generasi muda, membangun talenta muda BUMN sebagai generasi emas, dan kolaborasi lintas generasi di lingkungan BUMN menjadi kunci BUMN bisa bersaing di tingkat nasional dan global," ulas Ayubi yang saat ini menjabat sebagai Direktur Transformation and Digital Office di Bio Farma.

Menteri BUMN Erick Thohir yang hadir pada acara peresmian BUMN Muda di M Bloc Space, Jakarta Selatan menyambut antusias kehadiran BUMN Muda. "Generasi muda bukan beban, apalagi ancaman, tetapi justru jadi inspirasi, energi, membawa inovasi dan penggerak kemajuan dan transformasi BUMN," kata Erick.

"Keseriusan saya untuk mendorong kepemimpinan milenial di jajaran pimpinan harap ditindaklanjuti dari 3 sisi. Pertama, policy, lingkungan dan budaya kerja yang mendukung, kedua, pengembangan kapasitas lewat pelatihan dan mentoring, serta ketiga, ini yang penting, kesempatan-kesempatan-kesempatan. Berikan generasi muda kesempatan untuk berkontribusi tidak hanya sebagai eksekutor, tetapi pemikir, dan pemimpin," tegasnya.

Acara peresmian BUMN Muda ini digelar sekaligus sebagai momen silaturahmi insan muda BUMN dengan Menteri BUMN. Pada acara bertajuk 'Erick Thohir Menyapa: Fast Break Menuju Generasi Emas BUMN' ini hadir seluruh pemuda-pemudi berprestasi, direksi dari seluruh BUMN memberikan komitmen untuk berkolaborasi, mengembangkan talenta muda agar dapat lebih maju dan berkembang guna kemajuan BUMN dan berdampak bagi bangsa.

Pada kegiatan ini, BUMN Muda juga menghadirkan para pegiat UMKM dan tokoh publik untuk ikut serta berbagi inspirasi. Kegiatan ini digelar sesuai standar protokol kesehatan yang ketat. Seluruh perangkat serta venue telah melalui proses sterilisasi, sementara para peserta wajib melalui tes swab antigen di tempat, mengenakan masker, dan menjaga jarak.

(ncm/hns)