Kantor Lockdown? Boleh Nih Dicoba Kerja Ala Nomaden

Trio Hamdani - detikFinance
Senin, 21 Jun 2021 10:26 WIB
Tinggal di dalam van merupakan tren orang-orang di Amerika dan Eropa. Tapi van yang satu ini beda dari yang lain karena punya rumah mungil di dalamnya.
Ilustrasi/Foto: Istimewa/Inhabitat.
Jakarta -

Kantor ditutup imbas kasus virus Corona (COVID-19) tak disia-siakan oleh Erica Horn untuk bekerja dengan gaya hidup nomaden, alias berpindah dari satu tempat ke tempat lain menggunakan mobil van.

Dia menerima email kerja pada Mei 2020 yang mengatakan bahwa perusahaannya akan sepenuhnya bekerja secara remote untuk tahun depan. Dia langsung tahu bahwa itulah saatnya untuk mewujudkan impian lamanya untuk tinggal di luar dengan sebuah van.

"Tidak ada hal lain yang lebih masuk akal daripada kehidupan van setelah itu menjadi kenyataan," kata Horn, yang tinggal di Oakland sebelum pindah ke vannya, dilansir CNBC, Senin (21/6/2021).

Banyak pekerja dengan pekerjaan yang memungkinkan mereka bekerja dari jarak jauh selama pandemi meninggalkan situasi perumahan dan pindah penuh waktu ke van. Para pekerja jarak jauh ini berkendara dari satu lokasi ke lokasi lain, bekerja dari hotspot internet di mobil mereka dan menghabiskan waktu luang mereka di alam dan menjelajahi tempat-tempat baru.

Ketika vaksin diluncurkan dan negara bagian mulai dibuka, beberapa pekerja kembali ke kantor mereka. Tetapi banyak pekerja yang telah mengadopsi kehidupan van tidak mau menyerah.

"Ini sudah menjadi gaya hidup," kata Smriti Bhadauria, yang tinggal di mobil vannya bersama suaminya Kartik Vasan dan anjing mereka Everest.

Bhadauria dan Vasan telah bepergian dengan Dodge B200 Tradesman 1977 mereka sejak meninggalkan Toronto pada Agustus 2020.

Seperti backpacking di luar negeri, kehidupan van menarik bagi mereka yang menyukai perjalanan atau alam bebas yang memiliki hak istimewa untuk bekerja dari jarak jauh dan anggaran untuk menghabiskan ribuan dolar untuk membeli dan menyiapkan van mereka. Mereka dapat mengalihkan uang dari pembayaran sewa dan mobil ke gaya hidup perjalanan tanpa akhir.

"Saya selalu menjadi seseorang yang suka bepergian, tetapi saya juga orang rumahan pada saat yang sama," kata Cailey Dillon, yang bekerja dari jarak jauh di layanan pelanggan untuk Outdoorsy, sebuah perusahaan penyewaan van dan RV.

"Saya sangat suka bahwa dengan kehidupan van Anda selalu dapat bepergian tetapi rumah Anda selalu bersama Anda," tuturnya.

Simak video 'Varian Corona 'Lambda' C37 Kini Masuk Kategori Variant of Interest':

[Gambas:Video 20detik]