Terungkap! PNS Dapat 'Harga Khusus' Tiket Garuda Pakai Kode Ini

Danang Sugianto - detikFinance
Senin, 21 Jun 2021 17:50 WIB
PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) datangkan pesawat Boeing 777-300ER untuk melayani penerbangan haji mulai Agustus 2015. Hari ini maskapai pelat merah itu menerima B777-300ER ketujuhnya di Hanggar 2 Garuda Maintenance Facilities (GMF), kawasan Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng. Rachman Haryanto/detikcom.
Foto: Rachman Haryanto
Jakarta -

Manajemen PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk menyiapkan kode khusus bagi para pegawai negeri sipil (PNS). Dengan kode tersebut para PNS bisa membeli tiket pesawat dengan harga khusus.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan, pihaknya mengaku baru tahu bahwa ternyata selama ini lembaga pemerintah membeli tiket Garuda tidak sesuai dengan pagu perjalanan dinas yang ditentukan Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

"Soal pagu jadi kami sudah mengirim surat kepada seluruh lembaga, DPR, MPR, DPD, soal pagu perjalanan dinas. Karena kami mengetahui akhirnya bahwa harga tiket kita nggak sesuai dengan pagu yang ditentukan oleh Kementerian Keuangan soal perjalanan dinas," tuturnya dalam rapat dengan Komisi VI DPR RI, Senin (21/6/2021).

Oleh karena itu, Garuda Indonesia menyiapkan kode khusus untuk PNS/ASN agar bisa membeli tiket pesawat sesuai dengan pagu perjalanan yang sudah ditentukan Kemenkeu.

"Tiket Garuda berbasis pagu, jadi bukan berbasis harga tiket. Ini bisa menghubungi kami atau travel agent yang selama ini digunakan," tuturnya.

Kode yang dimaksud adalah NKRI. Irfan menegaskan semua travel agent akan paham jika menggunakan kode booking tersebut PNS/ASN bisa membeli tiket Garuda Indonesia dengan harga khusus.

"Ini travel agent semuanya sudah tahu. Tadinya kita mau bikin kode booking-nya selamat ulang tahun Pak Jokowi, tapi kepanjangan jadi NKRI saja. Kebetulan beliau hari ini ulang tahun," kelakarnya.

(das/ara)