Tips Kelola Usaha di Masa Pengetatan Biar Tetap Cuan

Aulia Damayanti - detikFinance
Rabu, 23 Jun 2021 08:15 WIB
Jualan Online
Ilustrasi/Foto: Shutterstock
Jakarta -

Pandemi COVID-19 juga menjadi tantangan bagi para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Menurut Perencana keuangan senior Aidil Akbar Madjid ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar bisnis terus berjalan.

Pertama, para pelaku UMKM bisa memanfaatkan penjualan online seperti pengiriman ojek online. Selain itu, memperluas variasi produk penjualan agar bisa merambah market yang lebih besar.

"Bisnisnya di perluas. Kalau biasanya jualan kerudung, jadi jualan kerudung, masker, jadi materi jualannya diperbanyak. Itu kan membuka kemungkinan orang untuk beli di tempat kita," jelasnya, kepada detikcom Selasa (22/6/2021).

Selain itu, diimbau jangan banyak menyetok barang produksi. Jika bisnisnya masakan atau makanan disarankan untuk melakukan pre order agar stok bahan makanan sesuai dengan pesanan.

"Setiap hari PO H-1 besok siang bisa kirim, cuma siang aja jadi jelas belanjanya berapa banyak dan barangnya yang dibelanjakan barang yang pasti akan laku dijual. Jadi udah tahu siapa beli bahkan dan sudah dibayar kalau PO," katanya.

Dihubungi terpisah Perencana keuangan dari Tatadana Consulting, Tejasari mengatakan dalam operasional bisnis harus bisa menghemat pengeluaran yang utama, seperti gaji karyawan, biaya listrik, telepon, hingga sewa toko atau semacamnya.

"Kita hemat-hematlah mana pengeluaran apa yang bisa dihemat, biaya utama itu wajib kita keluarkan. Ada penghasilan atau ga ada penghasilan tetap kita harus bayar," terangnya.

Para pelaku UMKM juga diimbau bisa melek teknologi terutama menjualkan barang dagangannya melalui penjualan online. Teja menyarankan untuk mengikuti tren agar bisnis bisa terus berjalan.

"Jangan terbelakang. Kita harus ikutan tren, ini tren nggak mahal, tren murah. Ikutinlah semua marketplace," katanya.

(eds/eds)