Puluhan TKA China Masuk RI saat PPKM Darurat, Ternyata Kerja di Proyek Ini

Anisa Indraini - detikFinance
Senin, 05 Jul 2021 14:01 WIB
Jakarta -

Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) menjelaskan tujuan masuknya tenaga kerja asing (TKA) asal China ke Indonesia tepatnya wilayah Sulawesi Selatan (Sulsel).

Kedatangan TKA China ini bikin heboh karena terjadi saat pemerintah sedang menerapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat di Jawa dan Bali.

Kepala Bagian Humas dan Umum Direktorat Jenderal Imigrasi, Arya Pradhana Anggakara mengatakan tujuan TKA China tersebut datang ke Indonesia untuk membangun proyek strategis nasional smelter di Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan.

"20 TKA tersebut merupakan calon tenaga kerja asing yang akan bekerja dalam rangka uji coba kemampuan dalam bekerja di Proyek Strategis Nasional PT Huady Nickel-Alloy Kabupaten Bantaeng Sulawesi Selatan," kata Angga dalam keterangan tertulis dikutip detikcom, Senin (5/7/2021).

Angga menjelaskan bahwa sejumlah TKA tersebut sudah memasuki Indonesia sebelum masa PPKM darurat di Jawa dan Bali. Mereka sebelumnya menjalani karantina 14 hari di Jakarta sebelum tiba di Sulawesi Utara.

"Berdasarkan pantauan di lapangan diketahui bahwa seluruh TKA masuk ke Indonesia dan telah melalui pemeriksaan keimigrasian di Tempat Pemeriksaan Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta pada tanggal 25 Juni 2021," jelasnya.

"Setelah melalui masa karantina, TKA tersebut lalu mendarat di Bandara International Makassar Kabupaten Maros dengan pesawat Citilink QG-426 pada Sabtu, 3 Juli 2021 pukul 20.25 WITA dari Jakarta," tambahnya.

Sejauh ini, total tercatat 46 TKA asal Tiongkok telah memasuki Sulawesi Utara, termasuk 20 orang yang datang pada Sabtu (3/7) tersebut, sembilan orang pada 29 Juni, dan 17 orang pada 1 Juli.

(aid/dna)