Aplikasi Gojek bakal Hilang di Thailand Mulai Agustus, Kenapa Ya?

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Rabu, 07 Jul 2021 15:37 WIB
Gojek Thailand
Foto: Dok. Airasia
Jakarta -

Aplikasi Gojek akan hilang di Thailand. Hal ini karena operasional bisnis Gojek di sana akan dicaplok oleh airasia Digital.

Hal ini diumumkan oleh CEO airasia Group Tony Fernandes dalam konferensi pers virtual. Dia menyebutkan aksi ini diharapkan bisa mempercepat ekspansi super app airasia di ASEAN.

Gojek akan fokus pada pengembangan di Vietnam dan Singapura. Dari kemitraan ini Gojek akan mengantongi saham US$ 1 miliar.

Tony menjelaskan aplikasi Gojek masih bisa digunakan oleh pelanggan di Bangkok hingga 31 Juli 2021. Nantinya airasia akan bekerja sama dengan tim lokal Gojek Thailand untuk operasional bisnis Gojek selama masa transisi sebelum beralih ke super app airasia.

"Dengan mengambil alih bisnis Gojek yang sudah mapan di Thailand, kami berharap dapat mempercepat terwujudnya ambisi bisnis kami untuk menjadi super app penantang terdepan di Asean," kata dia, dalam konferensi pers, Rabu (7/7/2021).

CEO Gojek Kevin Aluwi mengungkapkan Gojek akan fokus dan investasi di pasar internasional seperti Vietnam dan Singapura atau pasar yang memberi pengembalian investasi (return on investment) secara optimal dengan peluang pertumbuhan strategis terbaik.

Perwakilan investor airasia Thailand, Asia Aviation Executive Director, Tassapon Bijleveld mengungkapkan Brand airasia sudah sangat kuat di Thailand dan mereka sangat bersemangat dengan kerja sama ini yang akan mendukung peluncuran super app di kerajaan Thailand dan memperkuat ekosistem Gojek, termasuk karyawan, mitra driver, dan mitra merchant.

"Ini tidak hanya akan mendukung UMKM dan pemasok bahan segar lokal, tetapi juga akan menciptakan kesempatan bagi para petugas logistik untuk mendapatkan tambahan pendapatan di pasar-pasar yang baru yang segera akan kami luncurkan," jelas dia.

Tassapon menyebut selama ini masyarakat Thailand sudah menjadi yang terdepan dalam merangkul revolusi digital. Aktivitas berbasis mobile dan real time termasuk e-commerce, fintech dan hiburan online kini sudah menjadi gaya hidup.

"Kami percaya kami dapat meningkatkan apa yang telah dicapai oleh Gojek di Bangkok dan benar-benar membawa pertumbuhan ke tingkat yang lebih tinggi untuk memberikan kenyamanan yang lebih dan harga yang kompetitif bagi masyarakat Thailand," jelas dia.



Simak Video "Yang Bikin AirAsia Ride Beda dari Grab dan Gojek"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/das)