Kadin Usul Mal-Pabrik Dibuka Jika Pekerjanya Sudah Divaksinasi

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Minggu, 25 Jul 2021 14:40 WIB
Arsjad Rasjid resmi ditetapkan menjadi Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia Periode 2021-2026 melalui Musyawarah Nasional (Munas) ke-VIII, di Hotel Claro, Kendari, Sulawesi Tenggara, Kamis (1/7/2021)
Foto: Agus/KADIN
Jakarta -

Pengusaha tergabung dalam Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia mengusulkan agar kegiatan usaha yang pekerjanya sudah divaksin bisa operasi 100%. Tentunya, dalam operasional tersebut menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Ketua Kadin Indonesia Arsjad Rasjid mengatakan, dengan demikian, roda ekonomi tetap berjalan. Serta, mengantisipasi keadaan sosial yang tidak diinginkan.

"Kalau di mal kalau semuanya sudah divaksinasi di dalam, mungkin udah boleh, karena kalau nggak, nggak beroperasi," katanya seperti disiarkan melalui Youtube Kadin Indonesia, Minggu (25/7/2021).

"Bagaimana kalau pabrik-pabrik ekspor oriented tapi sudah melakukan vaksinasi dengan demikian bisa operasi 100% asalkan prokes yang ketat, vaksinasinya sudah dilaksanakan semuanya. Supaya bersamaan roda ekonomi bisa berjalan, juga untuk mencegah dampak keadaan sosial yang tidak kita inginkan," tambahnya.

Arsjad mengatakan, pihaknya saat ini membuat gerakan perang melawan pandemi COVID-19. Perang ini ada beberapa pertempuran. Adapun pertempuran pertama terkait vaksinasi.

"Kita harus bantu secara vaksinasi dengan dua. Satu, vaksinasi gotong royong, yang kedua membantu vaksinasi yang diberikan oleh pemerintah secara gratis kepada masyarakat," katanya.

Perang kedua terkait oksigen. Arsjad mengatakan, saat ini pihaknya membantu pengadaan hingga supply chain oksigen.

Ketiga, terkait rumah darurat oksigen. Pihaknya ingin membangun rumah darurat oksigen di setiap provinsi yang dekat dengan pabrik oksigen.

"Dan yang ketiga membuat rumah darurat oksigen yang akan kami bangun di setiap provinsi dekat dengan pabrik oksigen bilamana itu ada," katanya.

(acd/zlf)