Beberapa Wilayah di Papua Terapkan PPKM Level 4, PON Jalan Terus?

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Senin, 26 Jul 2021 12:26 WIB
Jakarta -

Pemerintah menerapkan PPKM level 4 di sejumlah wilayah di Papua. Hal tersebut dilakukan karena level vaksinasinya belum mencapai herd immunity.

Demikian disampaikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, dalam konferensi pers, Senin (26/7/2021).

"Terkait dengan PPKM, ini karena tentu di wilayah Papua, Mimika kemudian Jayapura, Kabupatan Kota, dan Merauke dikenakan PPKM level 4. Kenapa dikenakan PPKM level 4 karena level vaksinasinya belum mencapi herd immunity," ujarnya.

Sementara itu, Pekan Olahraga Nasional (XX) Papua akan digelar pada Oktober 2021 mendatang. Airlangga bilang, tes event sendiri akan dilakukan pada bulan Agustus.

Lanjutnya, pihaknya akan melakukan sinkronisasi agar kegiatan nasional itu tidak terganggu.

"Kita ketahui bersama bahwa kita akan menyelenggarakan PON Oktober dan Agustus nanti sudah mulai ada tes event. Sehingga tentu seluruhnya kita perlu sinkronkan dengan kegiatan, jangan sampai kegiatan nasional nanti bisa terganggu," ujarnya.

Sebagai informasi, beberapa wilayah di Papua yang menerapkan PPKM level 4 yakni Jayapura, Kabupaten Mimika dan Kabupaten Merauke. Sementara, untuk Papua Barat yakni Sorong.

(acd/zlf)